Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Alasan Android Zenfone Pakai Prosesor Intel

Kompas.com - 15/04/2014, 16:27 WIB
Oik Yusuf

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Seri smartphone terbaru dari Asus, Zenfone, dimotori prosesor Intel yang memiliki dua buah inti pemrosesan (CPU).

Kendati terbilang lebih sedikit dibandingkan prosesor dari produsen lain yang bisa mengusung jumlah inti hingga 8 buah, Asus berani mengklaim bahwa kinerja prosesor Intel yang digunakannya lebih tinggi dibandingkan produk kompetitor.

"Orang sering salah paham memandang bahwa jumlah core itu semakin banyak semakin baik, padahal yang paling penting kualitas arsitekturnya, termasuk dalam skenario multitasking. Itu sebabnya core Cyclone pada prosesor Apple A7 hanya berjumlah dua buah," ujar Chairman Asus Jonney Shih dalam acara peluncuran Zenfone di Jakarta, Selasa (15/4/2014).

Untuk membuktikan ucapannya itu, Shih memperlihatkan slide presentasi berisi sejumlah hasil benchmark di mana prosesor dual-core Intel Atom milik Zenfone mengalahkan dua prosesor quad-core Snapdragon 600 dan Exynos 5 Octa 5410 (4+4 core).

"Arsitektur Intel bisa mengalahkan prosesor ARM yang jumlah core-nya lebih banyak," ujar Shih.

Di samping core prosesor yang diklaim lebih berkualitas dibandingkan arsitektur ARM, Shih menambahkan bahwa prosesor Intel Atom pada Zenfone turut diperkuat unit pengolah grafis (GPU) yang bertenaga dan memori 64-bit yang menyediakan bandwidth hingga dua kali lebih tinggi dibandingkan tipe 32-bit.

Manajer produk dan pemasaran Asus Indonesia Juliana Cen menjelaskan bahwa Zenfone merupakan smartphone pertama dari Asus yang mengusung prosesor buatan Intel. Dia mengatakan percaya diri melempar produk yang berlawanan dengan kebanyakan ponsel Android (berbasis ARM) tersebut ke pasaran.

"Kami melihat prosesor Intel itu justru bagus. Bayangkan, prosesor yang biasa dipakai di notebook kini masuk ke smartphone," kata Juliana ketika ditemui di sela-sela acara. Kendati demikian, dia mengaku belum tahu apakah Asus akan kembali meluncurkan ponsel berbasis prosesor Intel atau tidak.

Di Indonesia, tiga model ponsel yang termasuk dalam seri Zenfone dibanderol dengan harga relatif terjangkau, yaitu Rp 1,1 juta untuk Zenfone 4 (layar 4 inci), Rp 2,1 juta untuk Zenfone 5 (layar 5 inci), dan Rp 3,1 juta untuk mode teratas Zenfone 6  yang memiliki layar 6 inci.

Juliana mengatakan pihaknya sengaja membanderol Zenfone dengan harga murah karena dinilai sesuai dengan pasar Indonesia. "Zenfone bukan hanya menyasar kelas bawah, namun juga kelas menengah atas karena harganya lebih rendah dibandingkan kompetitor lain yang sekelas," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com