Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dia, Smartwatch Kitkat Pertama Indonesia

Kompas.com - 17/04/2014, 09:35 WIB
Wicak Hidayat

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Speedup telah resmi menghadirkan perangkat smartwatch-nya di Indonesia. Perangkat ini diklaim sebagai jam tangan pintar pertama dengan sistem operasi Android Kitkat di Indonesia.

Perangkat itu pertama kali diperkenalkan dalam gelaran Mobile World Congress di Barcelona, 24 Februari 2014. Pada Rabu, 16 April 2014, perangkat itu diluncurkan secara resmi di Indonesia.

Rahmad Widjaja Sakti, Direktur Produk dan Pemasaran PT Speedup Technology, mengatakan perangkat wearable memang menjadi salah satu prioritas bisnis Speedup untuk 2014 ini. "Kami yakin konsumen akan bersemangat untuk memiliki SmartWatch ini," ujarnya dalam peluncuran di Senayan City, Jakarta, Rabu (16/4/2014).

Speedup Smartwatch generasi pertama ini menggunakan prosesor berbasis MIPS by imagination. Sistem operasinya adalah Android 4.4 Kitkat. Speedup Smartwatch memiliki layar 1,54 inci full tempered multitouch dan sudah dilengkapi teknologi Water Resistant IP57.

"Di Indonesia kan sering hujan, kami nggak mau pengguna smartwatch ini kalau hujan, masak yang 'dibungkus' duluan jamnya? Itu kenapa smartwatch ini anti-air, tapi bukan untuk dipakai berenang," ujar Taufan Wijaya Sakti, Direktur Penjualan PT. SpeedUp Technology.

Speedup Smartwatch memiliki fungsi umum seperti menampilkan waktu, kalendar, alarm, timer dan cuaca, Saat terhubung ke perangkat smartphone, ia bisa memunculkan push notification untuk melihat notifikasi panggilan masuk, SMS, E-mail, aplikasi chatting seperti BBM, WhatsApp atau Line, dan aplikasi media sosial seperti Facebook dan Twitter.

Perangkat itu terhubung ke ponsel melalui Bluetooth dan aplikasi khusus Speedup Smartwatch yang dijalankan di ponsel. Aplikasi smartwatch untuk ponsel dapat diunduh di Google Play Store, Samsung Apps, LG Smart World, Nokia X Store, dan Apple App Store (saat ini masih menunggu persetujuan Apple).

Aplikasi lain yang tersedia di dalam Speedup Smartwatch adalah Fitness Tracker (untuk memantau jumlah langkah, kalori dan jarak tempuh), Sleep (untuk memantau kualitas tidur) maupun fitur Find My Phone yang bisa digunakan untuk menyalakan suara pada ponsel yang terhubung ke smartwatch ini.

SpeedUp SmartWatch akan dijual dengan kisaran harga Rp. 1,5 juta. Perangkat ini akan tersedia melalui peritel terkemuka dan secara online di berbagai mitra penjualan online mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com