Modem MiFi Baru Smartfren Bisa Jadi "Power Bank"

Kompas.com - 17/04/2014, 10:00 WIB
Mini router Smartfren Connex M1 oik yusuf/ kompas.comMini router Smartfren Connex M1
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Dalam acara peluncuran empat model smartphone Andromax baru di Jakarta, Rabu (16/4/2014), Smartfren turut memperkenalkan sebuah produk mini router (MiFi) bernama Connex M1. Perangkat ini memiliki keunikan berupa penggabungan tiga fungsi sekaligus dalam satu kemasan, yaitu modem, router WiFi, dan pengisi baterai portabel.

"Connex M1 ini bisa menjadi power bank karena punya kapasitas yang besar, selain berfungsi sebagai access point koneksi data WiFi yang menghubungkan enam pengguna sekaligus," ujar Deputy CEO Smartfren Djoko Tata Ibrahim ketika ditemui seusai acara.

Di samping itu, Connex M1 memiliki fungsi wireless storage di mana data pengguna akan tersimpan di kartu memori yang tertanam di dalam router.

Untuk urusan koneksi data, Djoko menjelaskan bahwa Connex M1 menggunakan jaringan CDMA EVDO Rev.B Smartfren yang memiliki kecepatan maksimal sebesar 14,7 Mbps. Adapun baterai portabel milik mini router yang dibanderol seharga Rp. 500.000 ini berkapasitas 4.400 mAh.

Untuk profesional

Seiring dengan pertumbuhan gadget semacam smartphone dan tablet, Djoko mengakui bahwa pihaknya mencatat penurunan penjualan modem yang popularitasnya sebagai alat akses internet mulai berkurang.

"Untuk modem biasa (USB stick), penurunannya tahun ini 30 persen dibandingkan tahun kemarin," kata Djoko. "Pelanggan banyak beralih ke smartphone dan tablet,  sebagian besar produk kami memang menyediakan fungsi tethering," lanjutnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kendati demikian, Djoko mengatakan bahwa modem Smartfren masih memiliki segmen pelanggan sendiri, yaitu dari kelangan yang disebutnya sebagai "pengguna serius". "Mereka ini adalah kalangan profesional yang biasanya menggunakan modem bersama dengan laptop untuk bekerja. Modem jadi andalan untuk koneksi data."

Soal koneksi data ini masih menjadi andalan pemasukan bagi Smartfren yang menurut Djoko menyumbang 70 persen dari pendapatan perusahaan. "ARPU (average revenue per user) kami dari voice sekitar Rp. 24.000, sementara dari data sekitar Rp. 75.000."



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.