Kompas.com - 17/04/2014, 11:00 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Diagram lensa kontak pintar dalam paten Google

KOMPAS.com — Inilah proyek nyeleneh lainnya dari Google. Setelah membuat kacamata pintar, raksasa mesin pencari tersebut kini beralih ke lensa kontak (contact lens) pintar.

Proyek "moonshot" itu dijabarkan dalam dokumen aplikasi paten yang dilansir oleh Time. Dalam gambar diagram perangkat yang dipatenkan, tampak sepasang lensa kontak yang dibekali rangkaian sensor di permukaannya.

Sensor-sensor tersebut dipakai untuk mendeteksi hal-hal yang berhubungan dengan fungsi visual, seperti cahaya, pola warna, obyek, dan wajah orang lain.

Ada pula unit kamera kecil yang turut dibenamkan. Pengguna nantinya bisa mengendalikan lensa kontak ini dengan cara mengedipkan mata, termasuk untuk menjepret foto.

Rangkaian komponen diletakkan di bawah pupil lensa sehingga alat tersebut bisa menempel dan bergerak bersama mata tanpa menghalangi pandangan, seperti lensa kontak biasa.

Di samping mengambil gambar, situs Patent Bolt yang mengendus keberadaan paten Google ini menyebutkan bahwa lensa kontak pintar itu juga bisa dipakai oleh tunanetra untuk "melihat" sejumlah benda di sekitar.

"Misalnya, seorang tunanetra yang memakai lensa kontak ini berjalan mendekati perempatan jalan, lensa kontak bisa memproses data visual dari kamera untuk mendeteksi kendaraan yang datang," tulis Patent Bolt.

Kontak lensa ini turut dibekali kapabilitas wireless untuk dihubungkan ke gadget seperti smartphone.

Lensa kontak pintar yang agaknya masih berupa konsep ini menggabungkan aspek-aspek kacamata pintar Google Glass dan contact lens pemindai air mata yang lebih dulu diperkenalkan Google pada Januari lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Time
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.