Kompas.com - 17/04/2014, 13:07 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - CEO Yahoo, Marissa Mayer ingin habis-habisan berhadapan dengan kantor lamanya, Google. Setelah terungkap rencana akan membuat situs berbagi video pesaing YouTube, kini di ranah mobile, Mayer juga ingin menantang Google dengan menjadikan Yahoo sebagai mesin pencari bawaan (default) dalam gadget besutan Apple.

Di antara situs-situs pencarian lainnya, hanya Yahoo yang saat ini belum memiliki "induk" di segmen mobile. Google Search telah menjadi mesin pencari default milik smartphone Android dan iOS. Sementara Bing, menjadi mesin pencari default dalam Windows Phone. Bing juga digunakan oleh Siri sebagai mesin pencarinya.

Rencana Marissa Mayer menjadikan Yahoo sebagai search engine default dalam iOS tersebut diberitakan oleh Recode pada Rabu (16/4/2014). "Inilah tujuan dari segala upaya yang dilakukan Yahoo, agar digunakan sebagai mesin pencari iOS," ujar salah satu sumber internal Yahoo.

Marissa Mayer, diberitakan Recode, telah melakukan pendekatan ke beberapa petinggi Apple, termasuk Kepala Desain, Jony Ive yang dikenal dekat dengan eksekutif Google.

"Butuh lebih dari sekadar presentasi desain yang bagus untuk meyakinkan Apple beralih ke Yahoo, mengingat selama ini Google dikenal memiliki produk-produk unggul yang disukai banyak konsumen, namun Marissa benar-benar ngotot menginginkannya," imbuh sumber internal yang tak mau disebut namanya tadi.

Yahoo akan memiliki dana yang cukup untuk melakukan pendekatan kepada Apple. Sebab, situs Alibaba.com akan melakukan IPO di akhir tahun ini. Yahoo memilki sekitar 24 persen saham di dalam tubuh perusahaan tersebut. Dana tersebut bisa digunakan Mayer untuk meweujudkan ambisinya.

Yahoo dan Apple sendiri memiliki sejarah kerjasama yang dekat. Yahoo telah menjadi sumber data utama yang digunakan aplikasi cuaca dan informasi saham dalam iPhone. Aplikasi tersebut belakangan mendapatkan pembaruan dengan tampilan yang lebih cantik. Kedekatan itu juga diharapkan bisa memuluskan rencana Mayer merayu Apple.

Satu-satunya penghalang menurut pengamat adalah, Yahoo belum memiliki teknologi yang mencukupi untuk bersaing dengan Google, meski Yahoo telah berupaya sekian tahun untuk mengembangkan mesin pencarinya agar bisa bersaing dengan Google Search, seperti membuat Yahoo Axis.

Yahoo Axis adalah browser mobile untuk perangkat iOS yang diperkenalkan pada tahun 2012, saat Yahoo masih berada di bawah kepemimpinan Shashi Seth. Namun berbagai kendala yang menimpa membuat Yahoo menghentikan proyek itu setahun kemudian.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Recode

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.