Kompas.com - 17/04/2014, 15:35 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Sering mendengarkan lagu di radio dan penasaran dengan judul lagu atau siapa penyanyinya? Aplikasi pengenal lagu pihak ketiga memang bisa diunduh di platform iOS maupun Android. Namun, Apple akan menambahkan fitur ini secara default di gadget besutannya.

Apple berencana menjadikan iPhone menjadi "peramal" lagu alias punya fitur penebak judul lagu. Fitur pengenal lagu ini rencananya bakal ada di update iOS berikutnya, iOS 8.

Bloomberg pada Kamis (17/4/2014) mendapatkan konfirmasi tersebut dari sumber dalam Apple yang tidak mau disebut namanya. Menurutnya, Apple saat ini sedang dalam tahap pembicaraan dengan Shazam Entertainment, yang memiliki teknologi seperti itu.

Dengan memiliki fitur pengenal lagu secara default, maka pengguna tak perlu lagi mengunduh aplikasi pihak ketiga, seperti aplikasi Soundhound yang cukup populer baik di iOS maupun Android. Kabarnya, fitur ini juga bisa diakses melalui fitur pencarian berbasis suara milik Apple, yaitu Siri.

Bocorannya, pengguna cukup bertanya kepada Siri, "What song is playing?" dan bisa segera mendapatkan respons yang akurat dari asisten suara Apple itu.

Shazam telah memiliki basis data judul lagu dan penyanyi dalam jumlah yang besar. Basis tersebut bakalan bisa diakses pengguna iPhone cukup hanya dengan mendengarkan lagu yang sedang diputar.

Saat ini jumlah pengguna aktif Shazam mencapai 90 juta orang per bulan, di berbagai perangkat dengan sistem operasi yang berbeda-beda.

Aplikasinya Shazam selama ini juga meggiring penguna iPhone untuk mengunduh lagu di iTunes Stores. Namun, belakangan jumlah download dari iTunes Stores kian menurun. Banyak pengguna yang mulai beralih ke layanan lain, seperti YouTube milik Google, Spotify, dan Pandora.

Jika benar bahwa fitur pengenal lagu ini akan disertakan APple dalam update iOS berikutnya, maka besar kemungkinannya Apple akan memamerkan fitur tersebut di ajang konferensi tahunan developernya pada 2 Juni mendatang di San Francisco. Di ajang tersebut, Apple disebut akan memamerkan iOS 8.

Musik selama ini telah menjadi bagian sejarah penting bagi Apple, kita ingat sepuluh tahun yang lalu Apple sukses memasarkan perangkat pemutar musik iPod yang mendorong pertumbuhan perusahaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Bloomberg
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.