Kompas.com - 18/04/2014, 12:59 WIB
Penulis Aditya Panji
|
EditorWicak Hidayat
JAKARTA, KOMPAS.com - Aplikasi pesan instan Line membuka fitur Creators Market untuk para pengguna, Kamis (17/4/2014). Fitur ini memungkinkan pengguna menciptakan dan menjual stiker digital milik mereka sendiri.

Pengguna dapat mengakses situs web Creators Market dan mendaftarkan diri sebagai pencipta stiker. Pengguna membuat satu set stiker berisi 40 stiker dengan karya orisinil.

Setelah membuat dan mengajukan stiker digital, pihak Line akan melakukan pemeriksaan. Stiker yang lolos pemeriksaan bakal mulai dijual pada Mei 2014.

Stiker-stiker yang lolos itu akan dijual melalui Line Web Store dan dapat dibeli di empat negara, yaitu Indonesia, Jepang, Taiwan, dan Thailand dengan harga Rp 9.900. Nah, sebanyak 50 persen dari penjualan stiker akan diserahkan ke pencipta stiker.

Setiap penjual stiker harus memiliki akun Line. Sedangkan untuk menerima pembayaran digunakan rekening PayPal. Untuk bisa diterbitkan dan dijual di Line, minimal harus memasukkan 40 stiker (satu set). Stiker yang dimasukkan akan melalui proses seleksi terlebih dahulu.

Sejak aplikasi pesan instan Line diluncurkan pada Juni 2011, stiker digital merupakan salah satu daya tarik utamanya. Pengguna dapat mengekspresikan apa yang ingin mereka ungkapkan dengan mengirim stiker yang relevan.

Berjualan stiker digital menjadi sumber pendapatan terbesar kedua bagi bisnis Line, yang menyumbang sekitar 20 persen dari total pendapatan Line yang mencapai 34,3 miliar yen Jepang (sekitar Rp 3,8 triliun) pada kuartal empat 2013.

Game memberi kontribusi terbesar untuk Line, sebesar 60 persen pada kuartal empat 2013 dan sisanya disumbang dari bisnis lain seperti pembuatan akun resmi dari institusi dan stiker sponsor.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.