Kompas.com - 19/04/2014, 15:01 WIB
Ilustrasi game Arcade game ArcadeIlustrasi game Arcade
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Arcade game atau yang lebih dikenal di Indonesia dengan sebutan "ding dong" memang didesain agar pemainnya penasaran dan mencobanya berulang-ulang dengan memasukkan lebih banyak lagi koin. Kira-kira, berapa lama kita bisa bermain game ini hanya dengan satu koin?

Pemuda asal Oakland, Ohio, Amerika Serikat, yang bernama John Salter, diberitakan VR-Zone, berhasil memainkan game ini selama 85 jam atau sekitar 3,5 hari dengan satu koin saja.

Dengan demikian, Salter berhasil memecahkan rekor dunia bermain arcade terlama. Sebelumnya, rekor permainan terlama yang pernah tercatat adalah 84 jam.

Salter memainkan game jadul, Armor Attack, yaitu game 8 bit monokrom tentang helikopter serbu yang membasmi musuh-musuhnya, berupa tank dan mobil jip. Game ini dibuat pada tahun 1980-an oleh studio game Cinematronic.

Petualangan Salter dimulai pada Rabu (9/4/2014) pagi. Dengan berbekal sekeping koin, ia memulai game yang tak dinyana bakal berlangsung selama 85 jam dan memecahkan sejumlah rekor dunia.

Selain memecahkan rekor bermain arcade game terlama, Salter juga mencatatkan rekor skor tertinggi pada game tersebut dengan capaian 2.211.990. Angka tersebut melampaui rekor skor Armor Attack sebelumnya, 2.009.000, yang dibuat pada tahun 1982.

Game tersebut dimainkan Salter secara terus-menerus selama tiga hari tanpa tidur. Di sepanjang permainannya, ia mendapatkan bonus "nyawa" tambahan yang beberapa di antaranya harus ia korbankan saat harus makan, minum, atau buang air di toilet.

Rekor 85 jam yang ditorehkan Salter tersebut juga memecahkan rekor waktu bermain game terlama. Sebelumnya, pada 2013, seorang bernama George Leutz mencatatkan rekor bermain game selama 84 jam 48 menit. Game yang ia mainkan adalah Q*Bert.

Berikut video yang menggambarkan seperti apa game Armor Attack tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber VR-Zone

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.