Kompas.com - 21/04/2014, 10:03 WIB
Smartphone GoogleSmartphone "Project Tango" Google yang mengusung sensor 3D
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Project Tango, smartphone 3D yang dikembangkan Google ternyata menggunakan teknologi milik Apple. Project Tango menggunakan chip dengan sistem imaging 3D, PrimeSense Capri PS1200.

PrimeSense sendiri adalah perusahaan produsen hardware 3D yang digunakan oleh konsol game Xbox One, yaitu Kinect. Apple mengakuisisi PrimeSense pada akhir tahun 2013 lalu.

Nampaknya, Google selangkah lebih depan dari Apple dalam mengimplementasikan teknologi itu.

Terungkapnya chip 3D buatan PrimeSense itu pertama kali dilaporkan oleh iFixit, yang mempreteli Project Tango untuk mengetahui komponen apa saja yang ada di dalamnya.

Project Tango menjadi proyek pertama Google untuk mewujudkan smartphone yang bisa merasakan sekelilingnya, dengan menanamkan sensor 3D.

Dengan kemampuan mendeteksi obyek-obyek di sekelilingnya, Project Tango diharapkan bisa dijadikan sebagai perangkat pemandu navigasi, dimensi, dan pemetaan lingkungan.

Project Tango bekerja layaknya sensor Microsoft Kinect, yaitu dengan menampilkan deretan titik-titik sebagai parameter untuk sensor inframerah dalam menentukan suatu obyek, untuk membuat pemetaan tiga dimensi.

Project Tango juga mengandalkan empat kamera terpisah untuk melihat obyek-obyek yang ada di sekelilingnya, selain chip 3d Capri dan vision co-processor Myriad.

Menurut Mac Rumors (16/4/2014), Google juga berencana menggunakan teknologi 3D di smartphone-nya itu untuk membuat game augmented reality yang impresif, serta aplikasi yang menggabungkan dunia nyata dan digital.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Mac Rumors
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.