"Heartbleed" Perlambat Kerja Internet

Kompas.com - 21/04/2014, 11:33 WIB
Sekitar 500.000 situs diduga rentan terhadap serangan virus Heartbleed. BBC IndonesiaSekitar 500.000 situs diduga rentan terhadap serangan virus Heartbleed.
EditorReza Wahyudi
Upaya untuk memperbaiki masalah yang diakibatkan oleh Heartbleed dapat memperlambat kerja internet, seperti diperingatkan perusahaan analis Netcraft.

Banyaknya jumlah situs yang memperbaharui banyak fitur kunci dapat memperlambat kecepatan berselancar, kata laporan di Washington Post.

Hal itu bisa memaksa browser untuk terus melakukan pembaharuan dan memeriksa daftar panjang situs-situs yang aman, dan pada akhirnya memperlambat pengguna internet untuk bisa melihat laman web yang dituju.

Namun prosedur ini penting untuk mencegah penyerang berpura-pura sebagai situs tertentu dan mencuri informasi-informasi penting.

Pemeriksaan keamanan

Sekitar 500.000 situs web diduga rentan terhadap serangan celah keamanan Heartbleed yang jika dieksploitasi memungkinkan penyerang mencuri data dari server web.

Banyak situs termasuk Google, Facebook, DropBox, dan OKCupid telah meningkatkan versi piranti ringan keamanan mereka, yang disebut OpenSSL.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meski pun demikian, Paul Mutton analis keamanan di Netcraft mengatakan situs-situs web juga harus mengambil tindakan untuk mengubah pemisahan pengaturan keamanan jika mereka ingin data pengunjung situs tidak disalahgunakan.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.