Kompas.com - 21/04/2014, 13:59 WIB
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Smartphone Android Nexus yang dirilis Google, bekerja sama dengan vendor terpilih, selalu hadir dengan banderol harga yang murah.

Sebagai contoh, Nexus 5 yang dirancang oleh LG ini dijual dengan harga Rp 5,8 juta. Bandingkan dengan smartphone setara seperti Galaxy S5 atau Xperia Z1 yang dibanderol di atas Rp 8 juta.

Meneruskan harga murah untuk produk Nexus, Google dikabarkan tengah menyiapkan smartphone Android kelas menengah yang akan dijual di kisaran 100 dollar AS atau sekitar Rp 1,2 juta.

Kabar yang dilansir situs berita Tiongkok, MTKSJ, menyebutkan, ponsel Nexus tersebut bisa dijual sangat murah karena menggunakan prosesor MediaTek. Prosesor ini memang biasa digunakan vendor-vendor Android di ponsel menengah dan bawah.

Belum ada informasi lain, baik soal spesifikasi detailnya maupun vendor mana yang akan menggarap Nexus murah ini. Yang jelas, ponsel Android murah ini tidak ditujukan sebagai penerus Nexus 5.

Smartphone Nexus berikutnya, Nexus 6, dikabarkan tetap akan dipercayakan ke LG. Pada Nexus 6, LG kemungkinan akan mengambil elemen desain dari smartphone Android terbarunya, LG G3.

Nexus bisa dibanderol lebih murah dari ponsel-ponsel Android dengan spesifikasi setara berkat subsidi dari Google. Selain harga murah, sejak awal kehadirannya, Nexus juga dipakai Google untuk memperkenalkan versi terbaru dari OS Android. Ini seperti di Nexus 5, smartphone pertama yang mengusung Android 4.4 KitKat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber TechRadar
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.