Kompas.com - 21/04/2014, 16:27 WIB
Ilustrasi kartu memori eksternal SD dan MicroSD ShutterstockIlustrasi kartu memori eksternal SD dan MicroSD
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Toshiba, perusahaan teknologi asal Jepang, membuat kartu memori eksternal MicroSD tercepat di dunia. Produk ini menjadi kartu memori pertama di industri yang masuk klasifikasi High-Speed UHS-II Interface Standard.

Produk terbaru dari Toshiba ini disediakan dalam dua pilihan kapasitas penyimpanan, yaitu 32 GB dan 64 GB. Sayangnya, dalam siaran persnya, Toshiba belum menginformasikan soal harga produk itu.

Kartu memori dengan kapasitas 32 GB memiliki kecepatan baca maksimum 260 MBps dan kecepatan tulis maksimal 240 MBps. Sementara itu, kartu dengan kapasitas 64 GB memiliki kecepatan baca maksimum 145 MBps dan kecepatan tulis maksimal 130 MBps.

Kecepatan baca yang dimiliki produk baru ini lebih cepat 2,7 kali, sementara kecepatan tulisnya lebih cepat 8 kali dibandingkan kartu MicroSD Toshiba yang masuk dalam klasifikasi UHS-II Interface Standard.

Dengan Ultra High Speed Class 3 (U3) yang diusungnya, MicroSD ini diklaim mampu menyimpan video beresolusi 3840 x 2160 piksel (4K) dengan kecepatan menulis 30 MBps. Ini berarti, kamera yang merekam video menggunakan kartu memori ini memiliki kualitas gambar stabil dan tetap terjaga.

Produk ini juga diklaim bisa lebih cepat dalam transfer data, misalnya saat mengunduh data film atau musik di ponsel pintar, tablet, dan perangkat portabel lainnya.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.