Kompas.com - 21/04/2014, 17:18 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Ilustrasi sistem operasi iOS7

KOMPAS.com — iPhone 6 belum lagi resmi diumumkan oleh Apple, bocoran informasi perangkat ini sudah banyak beredar. Salah satu kabar yang berasal dari analis KGI Securities, Ming-Chi Kuo, menyebutkan bahwa ponsel pintar tersebut bakal mengusung layar 4,7 inci dengan resolusi 1334 x 750 piksel.

Di samping lebih lebar, layar ponsel itu juga lebih lebar dibandingkan iPhone generasi sebelumnya sehingga diprediksi bakal menghasilkan tampilan yang berbeda pula.

Kira-kira seperti apa tampilan sistem operasi iOS 8update OS yang kuat disinyalir bakal menyertai iPhone 6di layar lebar iPhone 6?

MacRumors Perkiraan tampilan iOS 8 pada iPhone 6 (kanan) berdasarkan informasi layar 4,7 inci 1334x750

"Jika Apple benar-benar memakai layar 4,7 inci dengan resolusi 1334 x 750 seperti yang diprediksi oleh Kuo, maka Apple akan mempertahankan tingkat kepadatan yang sama (326 ppi) dengan iPhone 5S," tulis seorang anggota forum MacRumors yang dikutip oleh BGR.

Oleh karena itu, elemen-elemen antarmuka, antara lain ikon, seharusnya juga akan berukuran sama, tetapi dengan luas area layar yang lebih lebar.

Sang anggota forum kemudian membuat gambar prediksi tampilan iOS 8 di iPhone 6. Ternyata, dengan menggunakan spesifikasi resolusi dan ukuran layar yang diberikan oleh Kuo, ditemukan bahwa iPhone 6 bisa memuat satu deret ikon lebih banyak dibandingkan iPhone 5S, sebagaimana terlihat dalam gambar di atas.

Pengembang aplikasi kemudian bisa menyesuaikan aplikasi-aplikasi buatannya agar bisa tampil optimal di layar iPhone 6, atau dibiarkan begitu saja, tetapi hanya bisa berjalan dengan area kosong di sekelilingnya (letterboxing).

Di samping itu, sebuah bocoran lain yang juga berkaitan dengan tampilan iOS 8 dilansir oleh situs PhoneArena. (lihat gambar di bawah)

Bocoran ini, yang menampilkan iOS 8 di iPhone 5S, sedikit mencurigakan. Ada aplikasi bernama "Watch Utility", meski sejumlah ikon lain, seperi Healthbook dan Tips, bersesuaian dengan informasi yang beredar sebelumnya.

PhoneArena Bocoran tampilan iOS 8 di iPhone 5S yang dilansir Phone Arena
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.