Developer Cewek Female Dev Rayakan Hari Kartini

Kompas.com - 21/04/2014, 19:41 WIB
CEO Kibar Yansen Kamto (pria, berbaju biru) dan para anggota FemaleDev berkumpul di kantor Kibar, bilangan Menteng, Jakarta, Minggu (20/4/2014) dalam rangka acara FemaleDev Kartinian: Make Change Happen. KibarCEO Kibar Yansen Kamto (pria, berbaju biru) dan para anggota FemaleDev berkumpul di kantor Kibar, bilangan Menteng, Jakarta, Minggu (20/4/2014) dalam rangka acara FemaleDev Kartinian: Make Change Happen.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Para developer perempuan yang tergabung dalam organisasi FemaleDev punya cara sendiri untuk menyambut hari Kartini, 21 April 2014. Sebuah acara bertajuk "FemaleDev Kartinian: Make Change Happen", digelar bersamaan di Jakarta, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, dan Pontianak pada Minggu (20/4/2014).

Dalam acara tersebut, 21 perempuan developer dari masing-masing kota diajak untuk membuat karya yang berkaitan dengan isu sosial, budaya, kesehatan, dan pariwisata.

Kegiatan ini membuahkan sejumlah aplikasi, seperti aplikasi mobile bernama Donate This! dari tim FemaleDev Yogyakarta yang menyediakan daftar panti asuhan di daerah Yogyakarta dan sekitarnya menggunakan teknologi pemetaan Google Maps.

Ada pula aplikasi web sistem informasi geografis buatan anggota FemaleDev asal Pontianak yang memuat peta lokasi rumah sakit di kota tersebut, dan aplikasi mobile Surabaya Heritage dari anggota FemaleDev Surabaya yang menampilkan informasi seputar wisata dan tempat bersejarah di ibukota Jawa Timur itu.

"FemaleDev merupakan bukti nyata yang mematahkan mitos bahwa perempuan tidak bisa berkiprah di industri teknologi," kata Yansen Kamto, CEO Kibar selaku inisiator FemaleDev, dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Senin (21/4/2014).

Sebelumnya, dalam kurun waktu setahun terakhir, FemaleDev sudah menyelenggarakan 38 workshop pemrograman khusus perempuan di 10 kota di Indonesia. Organisasi yang didirikan pada Februari 2013 ini sudah memiliki lebih dari 1.000 orang anggota yang semuanya merupakan para perempuan developer aplikasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.