Kompas.com - 22/04/2014, 10:59 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Perusahaan elektronik Korea, Samsung genap berusia 45 tahun di bulan April ini. Untuk memperingatinya, Samsung membuka museum khusus yang memajang berbagai perangkat elektronik buatan Samsung, di kota Suwon, Korea Selatan.

Samsung memberi nama museumnya "Samsung Innovation Museum." Menurut CEO Samsung, Kwon Oh-hyun, museum tersebut dijadikan sebagai tempat memamerkan beberapa produk elektronik bersejarah yang dibuat Samsung, serta inovasi-inovasi di industri elektronik.

"Temuan-temuan tersebut memberikan dasar bagi beragam inovasi teknologi sehingga kami bisa membuat produk-produk elektronik yang bisa membantu meningkatkan kualitas hidup," ujar Kwon Oh-hyun.

"Pengunjung juga bisa megetahui sejarah Samsung dan melihat visi masa depan," imbuhnya, seperti dikutip The Verge, Senin (21/4/2014).

Samsung Innovation Museum menempati bangunan lima lantai yang memajang sekitar 150 produk dan penemuan Samsung, serta produk-produk inovasi lain yang dibuat oleh individu atau perusahaan selain Samsung.


Sejarah inovasi ponsel juga dipamerkan di Samsung Innovation Museum

Walau demikian, Anda tidak akan menjumpai iPhone buatan Apple atau televisi Sony Trinitron, walau keduanya memberi andil terhadap kemajuan dan profit Samsung. Televisi buatan perusahaan Korea lainnya, LG juga tidak dipajang di museum ini.

Yang menarik, ada produk Apple yang dipajang di museum ini. Komputer tersebut adalah Apple II yang disebut Samsung sebagai komputer rumahan pertama.



Komputer besutan Apple, Apple II juga ditampilkan di museum inovasi Samsung.

Samsung membagi-bagi ruangan berdasar kategori waktu tahapan inovasi, seperti era penemu (Age of Inventors), era inovasi industri (Age of Industry Innovation), dan era kreasi (Age of Creation).

Di bagian Age of Inventors, Samsung memberikan pelajaran sejarah dengan memamerkan benda-benda elektronik yang diciptakan oleh Thomas Edison, Graham Bell, serta Michael Farady. Samsung juga menjabarkan sejarah perusahaan AT&T, Siemens, Philips, GE, dan NEC.

Di bagian Age of Innovation, Samsung memajang produk-produk display-nya dengan beberapa produk kompetitor. Inovasi dan perkembangan di dunia semikonduktor, layar, dan industri mobile juga diterangkan di sini.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.