Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iklan Apple Sindir Perilaku "Mencontek"

Kompas.com - 23/04/2014, 07:59 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber CNET

KOMPAS.com — Jika biasanya Apple menjadi obyek serangan dalam iklan-iklan bikinan kompetitornya, kini giliran perusahaan itu balik melontarkan sindiran.

Bentuknya berupa iklan tercetak mengenai energi terbarukan. Di dalam iklan Hari Bumi yang fotonya dilansir oleh Cnet itu, Apple menulis kalimat "Ada beberapa ide yang kami ingin agar ditiru oleh setiap perusahaan lain" dengan font berukuran besar.

Cnet melaporkan bahwa kalimat dalam iklan yang dipublikasikan di beberapa koran terbitan Inggris tersebut tak lain merupakan sindiran untuk Samsung, raksasa elektronik Korea Selatan yang dituduh menjiplak sejumlah teknologi dalam paten milik Apple.

"Ada satu hal yang kami sarankan agar diekor oleh pihak lain," lanjut Apple dalam teks di bodi iklan, mengacu pada tema konsep ramah lingkungan yang diterapkan oleh perusahaan tersebut. "Jika semua orang memprioritaskan lingkungan, maka yang diuntungkan adalah kita semua."

Dalam iklan, Apple mengaku telah melakukan sejumlah langkah untuk "menghijaukan" kegiatan produksi perangkatnya, seperti "mereduksi dampak pada perubahan iklim", dan "menggunakan material ramah lingkungan".

"Jadi, lain kali kami menemukan ide bagus untuk memperbaiki keadaan dunia, kami ingin berbagi (ide)," lanjut Apple lagi.

Apple dan Samsung kini tengah terlibat perang sengketa paten babak kedua di pengadilan San Jose, Amerika Serikat. Apple menuding Samsung telah menggunakan teknologi yang dipatenkannya tanpa izin, sementara Samsung juga menuduh bahwa Apple melakukan hal serupa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com