Kompas.com - 23/04/2014, 07:59 WIB
Iklan hari bumi Apple yang berisi sindiran terhadap Samsung Rich Trenholm / CNETIklan hari bumi Apple yang berisi sindiran terhadap Samsung
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com — Jika biasanya Apple menjadi obyek serangan dalam iklan-iklan bikinan kompetitornya, kini giliran perusahaan itu balik melontarkan sindiran.

Bentuknya berupa iklan tercetak mengenai energi terbarukan. Di dalam iklan Hari Bumi yang fotonya dilansir oleh Cnet itu, Apple menulis kalimat "Ada beberapa ide yang kami ingin agar ditiru oleh setiap perusahaan lain" dengan font berukuran besar.

Cnet melaporkan bahwa kalimat dalam iklan yang dipublikasikan di beberapa koran terbitan Inggris tersebut tak lain merupakan sindiran untuk Samsung, raksasa elektronik Korea Selatan yang dituduh menjiplak sejumlah teknologi dalam paten milik Apple.

"Ada satu hal yang kami sarankan agar diekor oleh pihak lain," lanjut Apple dalam teks di bodi iklan, mengacu pada tema konsep ramah lingkungan yang diterapkan oleh perusahaan tersebut. "Jika semua orang memprioritaskan lingkungan, maka yang diuntungkan adalah kita semua."

Dalam iklan, Apple mengaku telah melakukan sejumlah langkah untuk "menghijaukan" kegiatan produksi perangkatnya, seperti "mereduksi dampak pada perubahan iklim", dan "menggunakan material ramah lingkungan".

"Jadi, lain kali kami menemukan ide bagus untuk memperbaiki keadaan dunia, kami ingin berbagi (ide)," lanjut Apple lagi.

Apple dan Samsung kini tengah terlibat perang sengketa paten babak kedua di pengadilan San Jose, Amerika Serikat. Apple menuding Samsung telah menggunakan teknologi yang dipatenkannya tanpa izin, sementara Samsung juga menuduh bahwa Apple melakukan hal serupa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber CNET
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.