Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kantor Terbakar, Layanan Samsung Sempat Tumbang

Kompas.com - 23/04/2014, 09:44 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Beberapa foto kebakaran yang menimpa gedung kantor Samsung di Korea Selatan, Minggu (20/4/2014)

KOMPAS.com - Ada pesan error di perangkat smartphone, tablet, atau Smart TV Samsung pada Minggu (20/4/2014) lalu? Sebagian pemilik gadget Samsung di berbagai belahan dunia lainnya juga mengalami hal serupa.

Hari itu layanan Samsung -termasuk situs utama Samsung.com- memang sempat tumbang. Penyebabnya adalah kebakaran besar yang menimpa gedung SDS milik Samsung di Gwacheon, Korea Selatan.

Sebagaimana dilaporkan oleh Phone Arena, api mulai terlihat pada Minggu siang (waktu Korea Selatan) di lantai 4 gedung yang bersangkutan, di mana Samsung menyimpan data center untuk keperluan backup.

Akibatnya, layanan-layanan Samsung yang berkaitan dengan kartu kredit tumbang dan menampilkan pesan error selama beberapa jam sebelum kembali pulih sekitar pukul 19.15 waktu Korea Selatan.

Meski dari luar terlihat cukup besar, kebakaran tidak sampai menimbulkan korban jiwa. Hanya satu orang pekerja dari pihak ketiga yang dilaporkan mengalami cedera.

Data center utama Samsung terletak di daerah lain dan tidak terpengaruh oleh kejadian itu. Tidak jelas mengapa kebakaran di satu lokasi ini bisa berdampak luas ke layanan Samsung di seluruh dunia.

Kebakaran tersebut sempat direkam oleh sebuah stasiun TV lokal Korea Selatan, seperti bisa dilihat dalam video di bawah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com