Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Siapkan Windows di "Awan"?

Kompas.com - 23/04/2014, 16:27 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber Myce

KOMPAS.com - Microsoft baru saja meluncurkan update untuk sistem operasinya, WIndows 8.1. Sayangnya, dalam update tersebut Microsoft belum juga mengembalikan tombol Start yang lama dinanti. Tombol Start tersebut dikabarkan akan hadir dalam update Windows 8.1 Update 2 yang akan dirilis akhir tahun ini.

Kabar tersebut pertama kali dilaporkan oleh kelompok peretas Rusia, WZOR yang selama ini dianggap menjadi sumber terpercaya tentang bocoran-bocoran mengenai Windows. Dikutip dari Myce.com (21/4/2014), update OS tersebut juga akan diluncurkan dengan nama Windows 8.2.

Begitu tombol Start Menu kembali di Windows 8.2, tombol tersebut akan dipertahankan di Windows 9, baik dalam versi layar sentuh atau bukan, serta hadir dalam antarmuka Metro. Tombol Start dalam perangkat layar sentuh juga memiliki konsep yang berbeda.

Windows 9 menurut WZOR akan diluncurkan sebagai update gratis, namun belum ada konfirmasi lebih lanjut tentang kabar ini.

Windows Cloud

Selain mengembalikan tombol Start, Microsoft dikabarkan sedang membangun sistem operasi berbasis komputasi awan (cloud), yang diberi nama Windows Cloud.

Software client untuk Windows Cloud disebut akan bisa diunduh secara gratis dan memiliki fitur layaknya Windows Starter Edition. Fitur-fitur tingkat lanjut dalam Windows Cloud akan bisa diakses pengguna dengan sistem berlangganan.

Fungsi-fungsi lebih dalam Windows Cloud bisa ditingkatkan melalui update sistem BIOS. Untuk mengoperasikannya, pengguna membutuhkan koneksi internet. Windows Cloud tersedia juga dalam mode offline, namun hanya memiliki kemampuan dasar saja.

Di awal bulan April ini Microsoft telah merilis Windows 8.1 Update dan memamerkan seperti apa tombol Start yang akan dipasang di sistem operasi terbarunya itu.

Berbagai fitur juga ditambahkan dalam Windows 8.1 Update 1 tersebut, dengan tujuan untuk mempermudah pengguna yang mengoperasikannya dengan perangkat non layar sentuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Myce
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com