Kompas.com - 23/04/2014, 16:27 WIB
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Microsoft baru saja meluncurkan update untuk sistem operasinya, WIndows 8.1. Sayangnya, dalam update tersebut Microsoft belum juga mengembalikan tombol Start yang lama dinanti. Tombol Start tersebut dikabarkan akan hadir dalam update Windows 8.1 Update 2 yang akan dirilis akhir tahun ini.

Kabar tersebut pertama kali dilaporkan oleh kelompok peretas Rusia, WZOR yang selama ini dianggap menjadi sumber terpercaya tentang bocoran-bocoran mengenai Windows. Dikutip dari Myce.com (21/4/2014), update OS tersebut juga akan diluncurkan dengan nama Windows 8.2.

Begitu tombol Start Menu kembali di Windows 8.2, tombol tersebut akan dipertahankan di Windows 9, baik dalam versi layar sentuh atau bukan, serta hadir dalam antarmuka Metro. Tombol Start dalam perangkat layar sentuh juga memiliki konsep yang berbeda.

Windows 9 menurut WZOR akan diluncurkan sebagai update gratis, namun belum ada konfirmasi lebih lanjut tentang kabar ini.

Windows Cloud

Selain mengembalikan tombol Start, Microsoft dikabarkan sedang membangun sistem operasi berbasis komputasi awan (cloud), yang diberi nama Windows Cloud.

Software client untuk Windows Cloud disebut akan bisa diunduh secara gratis dan memiliki fitur layaknya Windows Starter Edition. Fitur-fitur tingkat lanjut dalam Windows Cloud akan bisa diakses pengguna dengan sistem berlangganan.

Fungsi-fungsi lebih dalam Windows Cloud bisa ditingkatkan melalui update sistem BIOS. Untuk mengoperasikannya, pengguna membutuhkan koneksi internet. Windows Cloud tersedia juga dalam mode offline, namun hanya memiliki kemampuan dasar saja.

Di awal bulan April ini Microsoft telah merilis Windows 8.1 Update dan memamerkan seperti apa tombol Start yang akan dipasang di sistem operasi terbarunya itu.

Berbagai fitur juga ditambahkan dalam Windows 8.1 Update 1 tersebut, dengan tujuan untuk mempermudah pengguna yang mengoperasikannya dengan perangkat non layar sentuh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Myce
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.