Kompas.com - 24/04/2014, 08:29 WIB
Penulis Aditya Panji
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Hewlett-Packard (HP) memang pemain besar dalam industri komputer pribadi. Tetapi di industri perangkat mobile, tepatnya ponsel pintar dan tablet berbasis Android, mereka bisa disebut sebagai pemain baru lantaran terlambat masuk dalam industri yang sedang "seksi" itu.

Lebih baik terlambat dari pada tidak sama sekali, begitu kira-kira pernyataan yang tepat ditujukan kepada HP. Perusahaan asal Amerika Serikat itu akhirnya masuk dalam bisnis ponsel pintar dan tablet berbasis Android.

Negara berkembang menjadi incaran, termasuk Indonesia, India, dan Thailand. HP tidak mau bermain di segmen pasar bawah dan atas, mereka memilih untuk bermain di segmen pasar kelas menengah.

Di bisnis ponsel pintar, HP langsung merayu pasar dengan ponsel layar besar yang belakangan ini sedang tren. HP mengandalkan Slate 6 VoiceTab yang mengusung ukuran layar 6 inci dan beresolusi 1.280 x 780 pixel.

Slate 6 disebut HP sebagai perangkat phablet, atau sebuah perangkat yang ukurannya berada di antara ponsel dan tablet. Menurut lembaga riset GfK, sebuah perangkat bisa masuk kategori phablet jika ukuran layarnya berkisar 5,6 inci sampai 6,9 inci.

Ponsel ini menyediakan fitur kartu SIM ganda (GSM dan GSM) yang siaga secara bersamaan. Kinerjanya ditopang oleh prosesor quad-core Marvell PXA 1088 kecepata 1,2GHz, RAM 1GB, baterai 3.000mAh, dan memori internal 16GB yang dapat diperluas dengan kartu memori eksternal hingga 64GB.

Slate 6 beroperasi dengan sistem Android 4.3 (Jelly Bean) yang telah dimodifikasi dan ditambahkan fitur-fitur khas HP, salah satunya aplikasi e-print yang dapat menghubungkan ponsel dengan printer HP melalui jaringan nirkabel.

Dari sektor kamera, tersedia sensor 5MP di bagian belakang yang dilengkapi dengan lampu kilat LED, dan sensor 2MP di bagian depan.

Tablet

Selain phablet, HP juga masuk ke bisnis komputer tablet berukuran 7 inci melalui Slate 7 VoiceTab. Tablet ini tetap bisa digunakan untuk melakukan panggilan telepon dan mengirim SMS.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.