Kompas.com - 24/04/2014, 15:12 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Ilustrasi.

KOMPAS.com - Awal Maret lalu, muncul kabar bahwa jejaring sosial Path sedang mempertimbangkan untuk menaikkan batas jumlah teman yang dimiliki pengguna hingga lebih dari 150.

Kini, sejumlah pengguna Path melaporkan bahwa mereka sudah bisa menambah teman melewati angka tersebut.

Salah satu pengguna Path, Rahmat Koesnadi yang dihubungi misalnya, mengatakan bahwa akun Path miliknya sudah bisa memiliki teman lebih dari 150 orang sejak "beberapa hari yang lalu".

Kepada KompasTekno, Rahmat mengirimkan bukti berupa daftar teman Path dengan jumlah yang mencapai angka "203", sebagaimana terlihat dalam gambar di bawah.

Gambar: Rahmat Koesnadi Screenshot jumlah teman di Path melebihi 150 (lingkaran merah)

Belum diketahui pasti apakah penambahan batas teman tersebut juga berlaku untuk semua pengguna lain atau baru sebagian saja.

Di kalangan pengguna Path, kabar kenaikan batas jumlah teman sudah ramai beredar dan diperbincangkan. Banyak yang menyebutkan bahwa jumlah teman maksimal kini mencapai 500 orang. Beberapa pengguna menyebutkan, setelah meng-update aplikasi Path terbaru di Android atau iOS barulah mereka bisa punya teman lebih dari 150.

Pihak Path sendiri pada Maret lalu memang sempat mengatakan sedang menggunakan "sekelompok kecil" pengguna untuk uji coba menaikkan batasan jumlah teman dari 150 menjadi 500 orang.

Sudah tak cukup?

Path selama ini dikenal berusaha menciptakan jaringan sosial "berkualitas tinggi" yang mencakup orang-orang terdekat pengguna. Caranya adalah dengan melimitasi jumlah teman menjadi hanya 150

Angka 150 mengambil inspirasi dari riset Profesor Robin Dunbar dari Universitas Oxford yang meneliti jumlah hubungan dekat yang bisa dijalin oleh seorang manusia sepanjang hidupnya.

Halaman:



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.