Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Path Sudah Bisa Punya 500 Teman?

Kompas.com - 24/04/2014, 15:12 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Ilustrasi.

KOMPAS.com - Awal Maret lalu, muncul kabar bahwa jejaring sosial Path sedang mempertimbangkan untuk menaikkan batas jumlah teman yang dimiliki pengguna hingga lebih dari 150.

Kini, sejumlah pengguna Path melaporkan bahwa mereka sudah bisa menambah teman melewati angka tersebut.

Salah satu pengguna Path, Rahmat Koesnadi yang dihubungi misalnya, mengatakan bahwa akun Path miliknya sudah bisa memiliki teman lebih dari 150 orang sejak "beberapa hari yang lalu".

Kepada KompasTekno, Rahmat mengirimkan bukti berupa daftar teman Path dengan jumlah yang mencapai angka "203", sebagaimana terlihat dalam gambar di bawah.

Gambar: Rahmat Koesnadi Screenshot jumlah teman di Path melebihi 150 (lingkaran merah)

Belum diketahui pasti apakah penambahan batas teman tersebut juga berlaku untuk semua pengguna lain atau baru sebagian saja.

Di kalangan pengguna Path, kabar kenaikan batas jumlah teman sudah ramai beredar dan diperbincangkan. Banyak yang menyebutkan bahwa jumlah teman maksimal kini mencapai 500 orang. Beberapa pengguna menyebutkan, setelah meng-update aplikasi Path terbaru di Android atau iOS barulah mereka bisa punya teman lebih dari 150.

Pihak Path sendiri pada Maret lalu memang sempat mengatakan sedang menggunakan "sekelompok kecil" pengguna untuk uji coba menaikkan batasan jumlah teman dari 150 menjadi 500 orang.

Sudah tak cukup?

Path selama ini dikenal berusaha menciptakan jaringan sosial "berkualitas tinggi" yang mencakup orang-orang terdekat pengguna. Caranya adalah dengan melimitasi jumlah teman menjadi hanya 150

Angka 150 mengambil inspirasi dari riset Profesor Robin Dunbar dari Universitas Oxford yang meneliti jumlah hubungan dekat yang bisa dijalin oleh seorang manusia sepanjang hidupnya.

Path menjelaskan bahwa manusia cenderung memiliki 5 orang "sahabat terbaik", 15 orang "teman baik", 50 orang "keluarga dan teman dekat", serta jumlah teman keseluruhan sebanyak 150 orang.

Belakangan, angka itu agaknya dipandang sudah tidak mencukupi.

Pertama kali kabar mengenai penambahan jumlah teman di Path mengemuka, jejaring sosial itu menjelaskan telah mendapat banyak masukan dari pengguna yang ingin batas jumlah teman ditambah. Hal ini disebut berkaitan dengan peningkatan popularitas Path sebagai medium jejaring sosial.

Pihak Path sendiri hingga kini masih belum mengeluarkan pengumuman resmi mengenai penambahan jumlah batas teman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com