Kompas.com - 25/04/2014, 08:15 WIB
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - CEO Apple, Tim Cook dalam pidato laporan keuangan perusahaan di kuartal kedua tahun fiskal 2014 menegaskan bahwa fokus utama Apple adalah membuat perangkat yang berkualitas ketimbang perangkat yang laku di pasaran.

Komentar Cook tersebut adalah tanggapan dirinya tentang rival Apple, Samsung yang banyak merilis produk ke pasar, mulai dari smartphone untuk semua segmen kelas bawah, menengah, dan atas, hingga wearbale gadget yang terkesan terburu-buru dipasarkan.

"Kami lebih peduli terhadap detil, dan jika detil dan kualitas adalah yang utama, maka untuk mewujudkan hal tersebut akan membutuhkan waktu yang lama, itulah yang terjadi selama ini," ujar Cook menanggapi smartwatch Apple yang belum juga dirilis.

Dikutip dari Digital Trends (24/4/2014), pendapat Cook tersebut adalah alasan yang diberikan kepada para investor, mengapa Apple tak kunjung merilis jam tangan pintarnya.

Makin banyak vendor lain yang merilis wearable gadget tersebut, maka tekanan terhadap Apple untuk membuat jam tangan pintar yang lebih baik dan berkualitas juga semakin tinggi.

Cook juga mengambil contoh kasus-kasus sebelumnya, ketika Apple bukanlah perusahaan yang pertama kali memperkenalkan pemutar MP3, atau smartphone dan tablet. Namun, menurut Cook, Apple justru sukses di bidang tersebut.

"Tablet PC sudah mulai dipasarkan sekitar sepuluh tahun yang lalu, namun Apple menjadi perusahaan pertama yang sukses memasarkan tablet (iPad) modern, begitu juga untuk smartphone (iPhone) dan pemutar MP3 (iPod)," demikian terang Cook.

"Karena itulah, penting bagi kami untuk membuat produk yang berkualitas, ketimbang yang paling laku di pasaran," tegasnya.

Walau pendapat Cook tersebut nampaknya berlaku untuk hardware Apple, namun di sisi software, Apple juga pernah melakukan kesalahan saat merilis Apple Maps. Saat itu, produk tersebut terkesan belum siap manakala diluncurkan di tahun 2012.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.