Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Update iOS, iPhone Hemat Baterai?

Kompas.com - 26/04/2014, 16:37 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber ZDNet

KOMPAS.com - Apple telah merilis update terbaru sistem operasi mereka. Update iOS versi 7.1.1 tersebut ditujukan untuk perangkat iPhone, iPad, dan iPod Touch. Selain meningkatkan akurasi Touch ID dan perbaikan bug, nampaknya update ini juga membantu menghemat baterai.

Setidaknya hal itu yang diungkapkan oleh ZDNet yang, pada Kamis (24/4/2014), mengklaim bahwa umur baterai iPhone bisa bertahan sedikit lebih lama setelah dilakukan update software.

Menurut ZDNet, berdasar pada iPhone 5 mereka yang menggunakan iOS versi 7.0, baterai iPhone yang digunakan selama enam jam setelah terisi penuh akan menyisakan daya sekitar 74 persen.

Namun, setelah diupdate ke versi iOS 7.1, daya baterai iPhone yang digunakan setelah enam jam justru malah turun menjadi sekitar 48 persen.

Begitu update versi 7.1.1 diluncurkan Apple pada Selasa lalu, daya tahan baterai iPhone 5 tersebut meningkat secara drastis. Setelah enam jam digunakan, daya yang tersisa mencapai 76 persen, sedikit lebih baik dibandingkan saat menggunakan iOS 7.0.

Kemungkinannya, Apple juga menyertakan kode optimasi software dalam update terbarunya tersebut. Dengan mengoptimalkan software yang bekerja, maka daya baterai tak akan terkuras percuma.

Walau demikian, penilaian dari satu perangkat saja tidak bisa dijadikan sebagai patokan. Beda perangkat beda pula aplikasi yang digunakan di dalamnya. Cara penggunaan antar pengguna juga berbeda-beda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ZDNet

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com