Kompas.com - 27/04/2014, 20:13 WIB
|
EditorAditya Panji

KOMPAS.com - Tingkat adopsi sistem operasi ponsel pintar Windows Phone 8.1 ternyata cukup tinggi semenjak update tersebut diperkenalkan 14 April 2014. Walau ditujukan bagi kalangan pengembang aplikasi (developer), namun pengguna awam juga bisa melakukan update dengan mudah.

Menurut riset yang dilakukan AdDuplex, tingkat adopsi Windows Phone 8.1 sudah mencapai 3 persen. Angka tersebut tergolong fantastis mengingat update Windows Phone 8.1 baru diluncurkan dua pekan lalu.

Menurut Phone Arena (23/4/2014), tingginya adopsi Windows Phone 8.1 tersebut dikarenakan Microsoft mempermudah para pengguna Windows Phone untuk melakukan update.

Sebenarnya, update tersebut ditujukan bagi para developer, namun pengguna umum pun bisa melakukannya dengan hanya mendaftarkan Microsoft ID dalam App Studio sebagai developer.

Saat ini, pengguna Windows Phone diperkirakan ada sekitar 50 juta orang di seluruh dunia. Jika perkiraan tersebut akurat, maka artinya jumlah 3 persen sama dengan sekitar 1,5 juta instalasi Windows Phone 8.1.

Perlu diingat juga, bahwa ponsel pintar Windows Phone yang dilengkapi dengan sistem operasi versi 8.1 langsung dari pabriknya, yaitu Nokia Lumia 930, 630/635, belum dipasarkan hingga beberapa bulan ke depan. Windows Phone 8.1 yang digunakan pengguna saat ini murni merupakan upgrade dari versi sebelumnya.

Menurut AdDuplex, kemauan Microsoft untuk mendengar masukkan dari para penggunanya telah mendorong konsumen untuk mencoba sistem operasi mobile terbaru itu.

AdDuplex juga membuat survei lain tentang pangsa pasar Windows Phone. Nokia tetap memiliki pangsa pasar tersbesar dengan ponsel Lumia 520-nya. Sementara Lumia 920, 625, 620, 720, dan 710, berturut-turut berada di belakangnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.