Kompas.com - 28/04/2014, 10:17 WIB
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Unit kamera 16 megapiksel merupakan salah satu aset terbaik pada ponsel pintar Android Galaxy S5 yang diandalkan Samsung. Akan tetapi, fitur itu jugalah yang mewajibkan Samsung mengganti unit karena beberapa model Galaxy S5 dilaporkan mengalami masalah pada kamera.

Keluhan tersebut diketahui dari forum-forum online. Pengguna Galaxy S5 mengatakan, fitur kamera mereka bermasalah —terutama model Galaxy S5 yang dijual operator telekomunikasi Verizon Wireless di Amerika Serikat.

Menurut laporan, keterangan "Camera Failure" di layar muncul secara acak di beberapa ponsel Galaxy S5. Tidak diketahui penyebab pasti masalah itu.

Kepada blog teknologi The Verge, Samsung mengonfirmasi bahwa mereka mengetahui laporan itu dan secara aktif berusaha membantu pelanggan yang terkena dampak. "Kami telah mempelajari bahwa sejumlah perangkat Galaxy S5 mungkin memiliki masalah yang memunculkan pesan pop-up berbunyi 'Camera Failure'," ujar pihak Samsung.

Di Amerika Serikat, pemilik Galaxy S5 yang mengalami masalah pada kamera diminta menghubungi layanan pelanggan Samsung atau mengunjungi operator telekomunikasi masing-masing untuk melakukan penukaran unit.

Indonesia?

Apakah masalah ini juga dialami pemilik Galaxy S5 di Indonesia? KompasTekno telah menghubungi Samsung Indonesia dan menanyakan soal kebijakan untuk konsumen, tetapi belum mendapat jawaban.

Galaxy S5 sejatinya memiliki 9 model berbeda yang dipasarkan untuk sejumlah kawasan. Di kawasan Asia, Samsung memasarkan Galaxy S5 model SM-G900I, di Eropa SM-G900F, dan Korea Selatan SM-G900K/G900L/G900S.

Untuk operator seluler Verizon Wireless, Samsung mendistribusikan Galaxy S5 model SM-G900V. Model inilah yang dilaporkan bermasalah pada unit kameranya.

Galaxy S5 sudah masuk pasar Indonesia pada 11 April 2014 lalu. Ponsel premium dari Samsung ini dihargai Rp 8,5 juta.

Galaxy S5, yang memakai sistem operasi Android 4.4.2 Kitkat, memiliki bentang layar sebesar 5,1 inci. Panel layarnya mengusung teknologi Super AMOLED dengan kualitas Full HD.

Dapur pacunya dilengkapi dengan spesifikasi antara lain prosesor Qualcomm Snapdragon 801 kecepatan 2,5 GHz quad-core, RAM 2 GB, media penyimpanan berkapasitas 16 GB, dan baterai 2.800 mAh.

Dari sektor kamera, Galaxy S5 memakai sensor 16 megapiksel di kamera belakang disertai lampu kilat LED. Ia mampu merekam dengan kualitas UHD (4K) dan real-time HDR. Di bagian depannya terdapat kamera 2,1 megapiksel.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber The Verge


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.