Kompas.com - 28/04/2014, 14:30 WIB
Pendiri dan CEO Facebook, Mark Zuckerberg FacebookPendiri dan CEO Facebook, Mark Zuckerberg
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Jejaring sosial Facebook terus mengalami pertumbuhan dari sisi jumlah pengguna yang mengakses layanan dari perangkat ponsel, bahkan kini mengalahkan pengakses dari PC.

Meski lebih banyak diakses dari perangkat mobile, Facebook tetap bisa meraup pendapatan dari iklan. Pendapatan Facebook dari berjualan iklan di perangkat mobile justru meningkat.

Dalam laporan kuartal pertama 2014, Facebook mengatakan ada 1,28 miliar penguna aktif tiap bulannya yang memakai layanan itu. Dari jumlah tersebut, lebih dari 1 miliar pengguna mengakses Facebook dari ponsel.

Angka pengguna Facebook yang mengakses dari ponsel meningkat 34 persen dibandingkan tahun 2013, di mana sekitar 751 juta pengguna mengakses dari ponsel.

Facebook berusaha keras membuat pengguna nyaman mengakses layanan dari aplikasi ataupun situs web yang dioptimalkan di perangkat mobile. Pertumbuhan ini membawa optimisme bagi investor.

Saat menjual saham perdananya kepada publik pada Mei 2012, Facebook masih memfokuskan layanannya untuk komputer pribadi (PC desktop).

Para investor mendesak Facebook mengoptimalkan layanan di perangkat mobile karena tren komputasi masa depan akan mengarah ke perangkat mobile, baik ponsel pintar maupun komputer tablet.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bukan hanya berhasil meningkatkan jumlah pengguna, Facebook juga sukses meningkatkan pendapatan perusahaan dari berjualan iklan.

Perusahaan yang didirikan oleh Mark Zuckerberg itu, melaporkan, pendapatan mereka pada kuartal pertama 2014 mencapai 2,5 miliar dollar AS dengan laba bersih 1,07 miliar dollar AS. Sekitar 59 persen dari total pendapatan itu berasal dari iklan di perangkat mobile.

Pendapatan Facebook di kuartal pertama ini tumbuh 72 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2013, sebesar 1,45 miliar dollar AS, dan laba bersihnya tumbuh tiga kali lipat dari 373 juta dollar AS di periode yang sama 2013.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.