XL Dipakai 12 Juta Smartphone, 6 Juta Android

Kompas.com - 28/04/2014, 17:01 WIB
Ilustrasi pengguna ponsel ShutterstockIlustrasi pengguna ponsel
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - Pengguna ponsel pintar yang memakai layanan operator telekomunikasi XL Axiata diklaim mencapai 12 juta pelanggan pada kuartal pertama 2014. Pertumbuhan ini terbilang pesat karena jumlah pengguna ponsel pintar di XL pada 2012 masih di kisaran 2 juta pelanggan.

Deputy Chief Marketing Officer XL Axiata, Kencono Wibowo mengatakan, jumlah pelanggan ponsel pintar di XL tumbuh lebih dari 10 juta di sepanjang 2013. Rata-rata pendapatan per pelanggan (average revenue per user/ARPU) yang diraih XL dari pengguna ponsel pintar mencapai Rp 100.000.

Dari jumlah 12 juta pelanggan ponsel pintar itu, sekitar 5 sampai 6 juta pelanggan adalah pengguna ponsel berbasis Android, pengguna BlackBerry sekitar 3 juta, dan sisanya adalah pengguna iPhone, Windows Phone, Nokia Asha, dan Symbian.

Pada 2012, lanjut Kuncoro, jumlah pengguna layanan data (internet) 3G masih sekitar 30 persen. “Jumlah pelanggan 3G kami sekarang mencapai 33 juta, atau sekitar 54 persen dari total pelanggan saat ini," ujar Kencono usai jumpa pers di Jakarta, Senin (28/4/2014).

XL berusaha meningkatkan jumlah pengguna ponsel pintarnya dengan cara menjalin kemitraan bersama produsen ponsel, termasuk BlackBerry dan Samsung.

Di bulan April ini, XL turut menjual ponsel BlackBerry Z3 dan Samsung Galaxy Trend Lite Duos yang dibundel dengan kartu SIM disertai layanan seluler dan data. Masing-masing ponsel itu dibanderol seharga Rp 2,2 juta dan Rp 2 juta.

Pasca-merger antara XL dengan Axis, total pelanggan XL kini mencapai 65 juta pada akhir 2013. Angka tersebut mewakili sekitar 21 persen pangsa pasar pelanggan seluler di Indonesia.

Angka ini masih jauh jika dibandingkan pangsa pasar operator Telkomsel yang mencapai 131,5 juta pelanggan pada akhir 2013. Namun, jumlah pelanggan XL-Axis telah melampaui Indosat yang memiliki 59,6 juta pelanggan pada akhir 2013.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X