Kompas.com - 30/04/2014, 09:41 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Suasana Hackathon Jakarta (#hackjak 2014) di Hotel Harris, Tebet, Jakarta, Sabtu (26/4/2014).

KOMPAS.com - Hackathon Jakarta atau #HACKJAK telah selesai digelar akhir minggu lalu, 26-27 April 2014, di Jakarta. Kompetisi ini mengajak para pengembang aplikasi (developer) untuk mengembangkan aplikasi berbasis dua jenis Open Data yang disediakan oleh Pemprov DKI Jakarta, yaitu data trayek angkutan umum darat dan APBD 2014.

Aplikasi-aplikasi yang dihasilkan dari kompetisi ini diharapkan mampu mendayagunakan dua jenis Open Data tersebut sehingga  memberi manfaat langsung bagi masyarakat, disamping mempermudah pengawasan kerja Pemprov DKI oleh publik.

Menurut keterangan tertulis yang diterima Kompas Tekno, dari 200 peserta yang mendaftar di #HACKJAK, sebanyak 132 hadir di lokasi acara dan menghasilkan 53 aplikasi. Jumlah tersebut disaring untuk memilih empat pemenang utama dan dua juara favorit. Berikut ini daftarnya.

Juara 1: Awasi, Pelajari Belanja Daerah (APBD)
Aplikasi ini menyajikan informasi bagi warga yang ingin mempelajari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah dalam tampilan desain yang menarik.

Tersedia pula fitur untuk mengawasi penggunaan anggaran dan melaporkan adanya kejanggalan.

Juara 2: PANTURA
PANTURA menampilkan data-data APBD DKI Jakarta yang bisa ditelusuri memakai kata kunci. Publik juga dapat berkontribusi menambah data dengan cara menyumbang hasil pantauan realisasi budget.

Bisa dengan cara memotret, membubuhi titik koordinat, dan mengungkapkan kesan apabila realisasi yang bersangkutan berjalan dengan baik atau butuh perhatian.

Juara 3: APPAJA
Mengangkat tema transportasi publik, aplikasi ini dibuat untuk memudahkan warga DKI yang akan bepergian dengan angkutan umum. APPAJA menampilkan nama-nama angkutan yang tersedia untuk rute-rute tertentu.

APPAJA turut memasukkan indikator tingkat kepadatan shelter Transjakarta dan memberikan notifikasi pada penumpang apabila sudah mendekati shelter tujuan.

Juara 4: KIRI HACK JAK
Masih dengan tema transportasi, KIRI HACK JACK menunjukkan rute angkutan dari satu tempat ke tempat lain. Pengguna bisa melihat angkutan umum apa saja yang tersedia serta tempat wisata apa yang terdekat dari lokasi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.