11 Ponsel Nokia yang Melegenda

Kompas.com - 30/04/2014, 10:33 WIB
Deretan ponsel Nokia yang menarik banyak perhatiancdi masanya. Pocket LintDeretan ponsel Nokia yang menarik banyak perhatiancdi masanya.
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com -- Nokia kini telah resmi menjadi milik Microsoft. Semenjak memproduksi telepon seluler yang bekerja di jaringan GSM pada tahun 1990-an, Nokia terus menelurkan ponsel-ponsel inovatif, sebagian dari ponsel tersebut masih berkesan bagi sebagian orang.

Pada periode tahun 1990-an hingga awal tahun 2000-an, Nokia dengan ponsel-ponselnya menjadi perusahaan pembuat telepon seluler terbesar di dunia. Jutaan ponsel diproduksi dan dijual setiap bulannya.

Namun, dominasi Nokia akhirnya harus jatuh saat perusahaan tersebut tidak bisa menahan gempuran smartphone, terlebih penetrasi iPhone dan sejumlah smartphone Android.

Kini, setelah diakuisisi Microsoft, merek Nokia secara perlahan akan dihilangkan. Untuk mengenang Nokia, PocketLint mengajak kita menoleh ke belakang, melihat beberapa ponsel Nokia yang berhasil menarik perhatian.

1. Nokia 8110 - 1996

Ponsel ini lebih dikenal dengan nama "Nokia Pisang," apa lagi kalau bukan karena bentuknya yang melengkung seperti buah pisang. Ponsel ini juga menuai kepopuleran karena kemunculannya di film The Matrix yang dibintangi Keanu Reeves. Nokia 8110 memiliki penutup keypad spring loaded geser yang bisa dibuka dengan menekan tombol di samping.

ist
Nokia 8110


2. Nokia 9000 Communicator - 1996-2007

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Nokia meluncurkan seri Communicator di rentang tahun 1996 hingga 2007. Ponsel ini menjadi layaknya laptop kecil yang bisa dikantongi. Berbagai fitur pendukung bisnis di dalamnya, seperti browser dan e-mail, menjadikan Communicator saat itu sebagai ponsel tercanggih. Komunitas penggunanya pun bahkan sampai dibuat, menunjukkan betapa eksklusifnya ponsel ini.

ist Nokia Communicator
3. Nokia 3210 - 1999

Disebut sebagai Nokia klasik, bentuknya juga menjadi ciri khas Nokia. Banyak yang menjadikannya sebagai ponsel pertama karena harganya yang tergolong terjangkau, dengan fungsi dasar telepon dan SMS. Selain bentuk dan ukurannya, Nokia 3210 juga disukai karena kemudahannya dan cover yang bisa digonta-ganti.

ist
Nokia 3210
4. Nokia 6310 - 2001

Rekan kerja yang bisa diandalkan. Banyak digunakan oleh para karyawan. Ponsel ini sendiri tidak memiliki fitur spesial, tetapi 6310 dipasarkan dengan iming-iming pengguna bisa menulis pesan di bodinya dengan sinar laser.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.