Kompas.com - 30/04/2014, 14:02 WIB
|
EditorAditya Panji

KOMPAS.com - Microsoft telah merilis aplikasi produktivitasnya untuk pengguna iPad beberapa waktu lalu. Setelah mendapat berbagai ulasan dan masukan, akhirnya Microsoft menambahkan fungsi cetak (print) dokumen dalam Office for iPad versi gratis.

Menurut Microsoft, Office for iPad telah diunduh jutaan kali. Microsoft juga mengatakan bahwa ribuan fitur telah diminta oleh para penggunanya. Fitur print menjadi salah satu permintaan yang paling dinanti.

Sebelumnya, fungsi pencetakan dokumen tidak disertakan saat pertama kali merilis Office for iPad. Pada update yang dirilis Selasa (29/4/2014) lalu, Office for iPad memungkinkan pengguna mencetak dokumen Word, Excel, dan PowerPoint.

Dikutip dari Mashable (29/4/2014), dukungan printer untuk iPad bisa didapat melalui software Apple AirPrint. Dengan software tersebut, pengguna bisa mencetak dokumen melalui jarigan Wi-Fi. Tentu saja printer yang digunakan juga harus mendukung fitur tersebut.

Mashable
Fungsi print dalam Office for iPad

Microsoft memasarkan Office for iPad sebagai aplikasi freemium, yang artinya pengguna bisa mengunduhnya secara gratis untuk digunakan membuka dokumen. Namun untuk mendapat fungsi membuat dan mengolah dokumen, mereka diwajibkan untuk berlangganan layanan Office 365.

Biaya berlangganan yang dipatok Microsoft untuk Office for iPad bervariasi, mulai dari 6,99 dollar AS per bulan hingga 99 dollar AS per tahun.

Microsoft belum memberikan detail tentang jumlah pengunduh aplikasinya di Apple App Store. Namun, Ofice for iPad telah merajai tangga aplikasi populer di App Store tak lama setelah dirilis.

Dalam update ini, Microsoft juga menambahkan beberapa fitur, seperti SmartGuides dalam PowerPoint yang berguna untuk menyejajarkan objek, foto, dan textbox. Selain itu, fitur AutoFit ditambahkan dalam Excel. Fitur ini membantu pengguna menyesuaikan lebar atau tinggi banyak kolom dan baris sekaligus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Mashable
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.