Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Akhirnya Keluarkan "Obat" untuk IE

Kompas.com - 02/05/2014, 14:49 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber Blog MSDN

KOMPAS.com - Microsoft menyatakan akan merilis update untuk perambannya, Internet Explorer yang belakangan diketahui memiliki celah keamanan yang serius. Dalam blog resmi-nya, Microsoft mengatakan update tersebut juga tersedia bagi pengguna OS Windows XP.

Pada Kamis (1/5/2014), Adrienne Hall, selaku General Manager Trustworthy Computing Microsoft mengatakan bahwa walau Windows XP tak lagi didukung oleh Microsoft, namun khusus untuk kasus bug dalam Internet Explorer tersebut, Microsoft memutuskan untuk memberikan update untuk semua versi Windows XP.

Perbaikan untuk IE yang dirilis oleh Microsoft sudah tersedia hari ini melalui Windows Update. Informasi lengkap soal update ini dapat dilihat dari situs resmi Microsoft, melalui tautan ini.

"Pengecualian ini kami buat karena akhir dukungan untuk Windows XP baru dihentikan beberapa saat lalu," ujar Hall. Microsoft juga menyarankan agar pengguna Windows XP meng-upgrade sistem mereka dengan OS yang lebih modern.

Hall juga mengklaim bahwa serangan akibat bug ini tidak sebesar yang diberitakan. "Hanya ada sedikit serangan akibat bug ini, dan sebenarnya, kenyataannya tak sebesar yang diberitakan," terangnya.

Microsoft memang baru saja menghentikan dukungan terhadap Windows XP awal bulan April lalu. Namun, karena bug dalam IE tersebut ditemukan baru beberapa hari setelah penghentian dukungan tersebut, maka Microsoft memutuskan untuk memberikan update.

Bug "zero-day" yang ditemukan dalam browser IE dalam semua versi OS Windows ini memungkinkan kode jahat untuk mengambil alih komputer sepenuhnya. Bug tersebut terdapat dalam versi IE 6 hingga IE 11.

Hingga saat ini, sistem operasi Microsoft yang dirilis sejak pertengahan tahun 2001 tersebut masih dipakai sekitar 26 persen pengguna PC. Sementara sistem operasi terbaru Microsoft, Windows 8.1 baru sja amencapai angka 5 persen pengguna di seluruh dunia.

Namun, situs Ars Technica pada Kamis (1/5/2014) menyebut bahwa langkah Microsoft memberikan update untuk pengguna XP itu sebagai langkah yang salah. Sebabnya, satu update saja tidak bisa menjamin keamanan untuk selamanya.

Situs tersebut mengatakan, browser web itu adalah sistem yang kompleks dan rawan terhadap apa pun yang diinput oleh pengguna, dan mereka todak bisa mengontrolnya. Karena itu, mereka sering menjadi menjadi target.

Browser membutuhkan update reguler dan perawatan yang berkelanjutan. Keamanan sebuah browser tidak bisa diandalkan pada satu patch saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Blog MSDN
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com