Microsoft Akhirnya Keluarkan "Obat" untuk IE

Kompas.com - 02/05/2014, 14:49 WIB
Ilustrasi Internet Explorer istIlustrasi Internet Explorer
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Microsoft menyatakan akan merilis update untuk perambannya, Internet Explorer yang belakangan diketahui memiliki celah keamanan yang serius. Dalam blog resmi-nya, Microsoft mengatakan update tersebut juga tersedia bagi pengguna OS Windows XP.

Pada Kamis (1/5/2014), Adrienne Hall, selaku General Manager Trustworthy Computing Microsoft mengatakan bahwa walau Windows XP tak lagi didukung oleh Microsoft, namun khusus untuk kasus bug dalam Internet Explorer tersebut, Microsoft memutuskan untuk memberikan update untuk semua versi Windows XP.

Perbaikan untuk IE yang dirilis oleh Microsoft sudah tersedia hari ini melalui Windows Update. Informasi lengkap soal update ini dapat dilihat dari situs resmi Microsoft, melalui tautan ini.

"Pengecualian ini kami buat karena akhir dukungan untuk Windows XP baru dihentikan beberapa saat lalu," ujar Hall. Microsoft juga menyarankan agar pengguna Windows XP meng-upgrade sistem mereka dengan OS yang lebih modern.

Hall juga mengklaim bahwa serangan akibat bug ini tidak sebesar yang diberitakan. "Hanya ada sedikit serangan akibat bug ini, dan sebenarnya, kenyataannya tak sebesar yang diberitakan," terangnya.

Microsoft memang baru saja menghentikan dukungan terhadap Windows XP awal bulan April lalu. Namun, karena bug dalam IE tersebut ditemukan baru beberapa hari setelah penghentian dukungan tersebut, maka Microsoft memutuskan untuk memberikan update.

Bug "zero-day" yang ditemukan dalam browser IE dalam semua versi OS Windows ini memungkinkan kode jahat untuk mengambil alih komputer sepenuhnya. Bug tersebut terdapat dalam versi IE 6 hingga IE 11.

Hingga saat ini, sistem operasi Microsoft yang dirilis sejak pertengahan tahun 2001 tersebut masih dipakai sekitar 26 persen pengguna PC. Sementara sistem operasi terbaru Microsoft, Windows 8.1 baru sja amencapai angka 5 persen pengguna di seluruh dunia.

Namun, situs Ars Technica pada Kamis (1/5/2014) menyebut bahwa langkah Microsoft memberikan update untuk pengguna XP itu sebagai langkah yang salah. Sebabnya, satu update saja tidak bisa menjamin keamanan untuk selamanya.

Situs tersebut mengatakan, browser web itu adalah sistem yang kompleks dan rawan terhadap apa pun yang diinput oleh pengguna, dan mereka todak bisa mengontrolnya. Karena itu, mereka sering menjadi menjadi target.

Browser membutuhkan update reguler dan perawatan yang berkelanjutan. Keamanan sebuah browser tidak bisa diandalkan pada satu patch saja.



Sumber Blog MSDN
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X