Kompas.com - 02/05/2014, 16:00 WIB
Pendiri dan CEO Facebook, Mark Zuckerberg FacebookPendiri dan CEO Facebook, Mark Zuckerberg
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Di tengah kerisauan akan menurunnya minat pengguna Facebook, CEO Mark Zuckerberg mengutarakan optimismenya akan jejaring sosialnya tersebut. Menurut Mark, Facebook harus mulai bertransisi menuju masa depan dunia komputasi yang baru dengan membuat sejumlah inovasi.

Berbicara di ajang tahunan F8 (Eff Eight) yang digelar di San Francisco, AS, Selasa (30/4/2014), Zuckerberg menggarisbawahi bahwa masa depan Facebook akan berputar pada pesan instan, wearable device, dan virtual reality (VR).

Rencana ke depan Facebook tersebut sebenarnya sudah tercermin dari sejumlah akuisisi yang dilakukan perusahaan sepanjang tahun 2013 lalu, seperti layanan pesan instan WhatsApp, aplikasi fitnes Moves, serta perusahaan virtual reality VR Oculus.

Dari beberapa akuisisi tersebut, Facebook berencana untuk membuat aplikasi-aplikasi yang terpisah, bukan menjadi bagian terintegrasi dalam Facebook seperti Facebook Messenger, WhatsApp, dan Moves misalnya.

"Selama ini, aplikasi-aplikasi tersebut terintegrasi dengan cara yang berbeda. Namun kini, kami akan fokus untuk membuatnya lebih menarik di bidangnya masing-masing," aku Zuckerberg.

Langkah tersebut diakui CEO Facebook sesuai dengan strategi platform yang dibuat selama ini. "Kami percaya bahwa ada banyak cara untuk berbagi konten,"ujarnya.

Semua aplikasi-aplikasi yang disiapkan Facebook juga diakui tidak bisa dikembangkan sendiri. Mereka juga membutuhkan peran developer.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Karena itu, di ajang F8 tahun ini, fokus Facebook lebih ditujukan kepada para pengembang aplikasinya, bagaimana cara mereka memberikan tool yang berguna bagi developer alih-alih meluncurkan produk bagi konsumen.

"Bersama dengan developer dan komunitas, kami ingin mengulas berbagai produk yang telah kami luncurkan agar bisa membantu mereka membuat, mengembangkan, dan menghasilkan uang dari aplikasi yang mereka buat untuk Facebook," terang Zuckerberg, seperti dikutip dari Wired.

"Kami akan membuat aplikasi yang paling penting walau di luar itu akan tetap ada banyak aplikasi lain yang dibuat developer kami," terang Zuckerberg.

Halaman:


Sumber Wired

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.