Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foursquare Akan Hapus Fitur "Check-in"

Kompas.com - 02/05/2014, 16:34 WIB
Aditya Panji

Penulis

KOMPAS.com -- Jejaring sosial berbasis lokasi Foursquare berencana membagi layanan intinya menjadi dua aplikasi terpisah. Aplikasi pertama masih mengusung nama Foursquare, sedangkan aplikasi kedua akan diberi nama Swarm.

Aplikasi inti Foursquare akan didesain ulang, mungkin akan mirip dengan layanan rekomendasi tempat atau lokasi Yelp.

Kejutan terbesarnya adalah, Foursquare menghapus fitur check-in di aplikasi yang baru. Foursquare selanjutnya akan fokus pada fitur penemuan dan eksplorasi lokasi.

"Foursquare adalah untuk penjelajah yang mengetahui tempat terbaik dan untuk berbagi apa yang telah mereka temukan dengan orang lain," tulis Foursquare dalam sebuah publikasi di blog resmi perusahaan, Kamis (1/5/2014).

Sedangkan aplikasi Swarm terinspirasi dari aplikasi pesan instan. Fitur check-in yang dihapus dari Foursquare akan hadir di Swarm.

Swarm memungkinkan pengguna mengetahui lokasi pengguna lain yang check-in pada lokasi tertentu, lalu saling berkomunikasi. "Dengan Swarm, Anda dapat dengan mudah melihat siapa teman yang berada di dekat Anda," tulis Foursquare.

Foursquare menjanjikan Swarm akan tersedia untuk perangkat iOS dan Android dalam beberapa pekan ke depan. Setelah itu, ia akan hadir di perangkat Windows Phone.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com