Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Dipakai Selebriti, Apple Juga Mau?

Kompas.com - 05/05/2014, 12:37 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber CNET
Aksi selfie Elen Degeneres dengan para selebriti Hollywood dalam malam oscar yang disponsori Samsung

KOMPAS.com - Kampanye pemasaran Samsung yang mengedepankan sosok selebriti boleh dikata berhasil meraih sukses. Misalnya saja aksi selfie Elen Degeneres di malam Oscar, Maret lalu.

Gambar hasil jepretan Galaxy Note III itu menjadi foto yang paling banyak di-retweet sepanjang jaman.

Kesuksesan Samsung dalam hal marketing tersebut rupanya membuat "sirik" rival besarnya, Apple. Perusahaan berlambang buah itu kemudian memasang sebuah lowongan untuk posisi baru bernama "Buzz Marketing Manager", hari Kamis minggu lalu

Tugas si pemegang jabatan, sebagaimana dilansir Cnet, adalah "mengekspos produk Apple bersama pengguna high-profile, terutama yang terlibat di film dan televisi, secara konstan dan meyakinkan".

Dengan kata lain, "Buzz Marketing Manager" yang akan ditempatkan di New York, Amerika serikat itu ditugasi mengekor cara Samsung mempromosikan produk-produknya lewat selebriti.

Produk Apple selama ini banyak ditampilkan lewat film dan televisi, namun perusahaan tersebut kurang memperhatikan pemasaran lewat media sosial, yang ternyata bisa dimanfaatkan dengan apik oleh Samsung.

Satu-satunya usaha Apple dalam hal ini adalah kampanye iPhone 5C di Tumblr yang relatif kurang terdengar. Belakangan, Apple rupanya mulai merasakan tekanan dari dana marketing jutaan dollar AS yang digelontorkan Samsung.

Selain itu, Apple juga berencana bekerjasama dengan acara TV demi menempatkan produk di layar kaca dan menghadirkan bintang tamu di toko-toko Apple.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com