Apple Dianjurkan Bawa Google ke Pengadilan

Kompas.com - 06/05/2014, 12:37 WIB
Galaxy S (kiri) dan iPhone 3GS Apple, SamsungGalaxy S (kiri) dan iPhone 3GS
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
Galaxy S (kiri) dan iPhone 3GS

KOMPAS.com - Jika Apple menuding Android melanggar paten teknologinya, maka perusahaan itu seharusnya bukan hanya memerangi produsen handset, namun juga turut melayangkan gugatan hukum pada Google selaku pembuat sistem operasi tersebut. Pendapat ini disuarakan oleh juri dalam pengadilan sengketa paten Apple- Samsung, Senin (5/5/2014) kemarin.

Apple selama ini mengatakan bahwa tuduhan pelanggaran patennya hanya berlaku untuk Samsung, bukan Android. Namun para juri berpikir bahwa Google mau tidak mau sebenarnya juga terlibat dalam sengketa antara Apple dan Samsung.

"Menurut saya, kalau Anda pikir Google memang penyebabnya, maka jangan bertindak tidak jelas," kata ketua dewan  juri, Tom Dunham yang dikutip oleh Cnet. "Apple mempunyai hal (properti intelektual). Demikian juga Samsung dan Google."

Seorang anggota lainnya bernama Margarita Palmada mengatakan  bahwa dewan juri hendak mempelajari lebih jauh tentang motivasi masing-masing perusahaan dan seperti apa keterlibatan Google dalam situasi ini.

Sebelumnya, di ruang pengadilan, Samsung berargumen bahwa gugatan hukum yang dilayangkan Apple sebenarnya adalah sebuah serangan terhadap Android, sistem operasi besutan Google yang dipakai Samsung di produk-produknya.

Alasannya, dari lima paten teknologi Apple yang dituduhkan telah dilanggar oleh Samsung, empat di antaranya merupakan bagian dari Android. Apple sendiri tetap ngotot bahwa kasus tersebut tidak melibatkan Android.

Pihak Google kemudian dipanggil ke pengadilan untuk bersaksi membela Samsung, terutama terkait dua tuduhan pelanggaran paten soal sinkronisasi di latar belakang dan pencarian universal.  Dewan juri pada Jumat minggu lalu kemudian memutuskan bahwa Samsung tidak melanggar dua paten ini, tapi melanggar tiga paten lainnya.

Perusahaan Korea itu harus membayar ganti rugi senilai 119,6 juta dollar AS ke Apple, sementara Apple disebut juga melanggar sebuah paten Samsung dan harus membayar ganti rugi sebesar 158.400 dollar AS.



Sumber CNET
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X