Kompas.com - 07/05/2014, 10:27 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Kesalahan pemrograman atau bug dalam sistem operasi mobile Apple kembali ditemukan. Kali ini bug tersebut dimiliki oleh iOS versi 7.1.1. Menurut seorang peneliti, bug tersebut bisa membuat lampiran (attachment) e-mail yang dikirim dari perangkat iOS 7 tidak terenkripsi.

Dalam blog-nya yang dibuat pada 23 April lalu, seperti dikutip dari ZDNet, Andreas Kurtz yang menemukan bug tersebut, melakukan eksperimen dengan perangkat iPhone 4 untuk membuat akun e-mail IMAP dan mencobanya untuk berkirim e-mail dengan attachment.

Ia kemudian mematikan perangkat iOS-nya tersebut dan mencoba mengakses file sistem dengan sebuah aplikasi.

Kurtz kemudian mengakses partisi data dalam perangkat iOS-nya, lalu mengakses folder e-mail. Ternyata, file yang berada dalam attachment e-mail tersebut bisa dilihat dalam folder tersebut tanpa enkripsi.

Kurtz mengatakan, setidaknya bug tersebut sudah ada sejak iOS versi 7.0.4 dan versi terkininya, 7.1.1. Sebab, hal yang sama juga ia lakukan dengan iPhone 5 s dan iPad 2 yang menjalankan kedua sistem operasi tersebut.

Kurtz telah melaporkan bug tersebut kepada Apple. Walau Apple mengakui telah mengetahui bug tersebut, namun Apple hingga kini belum juga merilis patch untuk sistem operasi terbarunya itu.

Bug dalam iOS 7 ini memunculkan banyak kekhawatiran. Sebab, banyak pengguna iPhone dan iPad dengan sistem operasi tersebut yang berasal dari kalangan korporasi.

Mereka menggunakan perangkat iOS-nya sebagai perangkat pendukung kerja. Salah satunya adalah untuk berkirim email-email penting perusahaan.

Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, Kurtz menyarankan agar pengguna iOS tidak mengaktifkan fitur Mail Synchronization untuk sementara waktu hingga Apple merilis tambalan untuk celah tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber ZDNet


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.