Aksesori Game Dipakai "Nyetir" Tank Sungguhan

Kompas.com - 07/05/2014, 13:41 WIB
Personel militer Norwegia mengenakan headgear VR Oculus Rift saat berada di dalam tank EngadgetPersonel militer Norwegia mengenakan headgear VR Oculus Rift saat berada di dalam tank
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Personel militer Norwegia mengenakan headgear VR Oculus Rift saat berada di dalam tank

KOMPAS.com - Kacamata virtual reality (VR) Oculus Rift ternyata tak hanya bisa dipakai untuk bermain game, tapi juga membantu tentara dalam menyetir tank. Itulah yang sedang diuji coba oleh angkatan bersenjata Norwegia.

Sebagaimana dilaporkan oleh Engadget, kendaraan lapis baja seperti tank biasanya relatif tertutup tanpa jendela. Kondisi ini melindungi para awak di dalamnya namun juga menyulitkan mereka dalam melihat keadaan di sekeliling.

Nah, dengan memasang kamera di sekeliling tank dan menyambungkannya ke Oculus Rift, para awak bisa memanfaatkan headgear itu untuk melihat ke segala arah dari dalam kendaraan, tanpa perlu mengambil risiko tertembak dengan melongok ke luar.

Seperti aplikasinya di dalam game, pengguna headgear tinggal menengok-nengokkan kepalanya ke arah yang dituju. Pemandangan 360 derajat pun tersaji di depan mata, seolah-olah si orang bersangkutan berada di luar tank.

Namun sistem ini bukannya tanpa kekurangan. Headgear Oculus Rift bisa membuat pusing jika dipakai terlalu lama, maka perangkat tersebut hanya akan digunakan pada saat-saat tertentu saja, misalnya ketika pertempuran sedang berlangsung.

Ada juga masalah terkait unit kamera di luar, yang bisa mengalami kerusakan dan membuat headgear kehilangan pandangan. Meski demikian, militer Norwegia
memutuskan untuk terus menjalankan uji coba pemakaian Oculus Rift untuk awak kendaraan lapis baja.

Uang senilai 2.000 dollar AS yang diperlukan untuk aplikasi Oculus Rift dinilai jauh lebih murah dibandingkan sistem kamera militer yang bisa dihargai hingga 50 kali lipat lebih mahal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Angkatan bersenjata Norwegia juga mengatakan bahwa Oculus memiliki dukungan finansial kuat semenjak dibeli oleh Facebook senilai 2 miliar dollar AS, sehingga memungkinkan headgear itu digunakan untuk keperluan militer.



Sumber ENGADGET
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.