Kompas.com - 08/05/2014, 15:30 WIB
Ilustrasi ReutersIlustrasi
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Komputer tablet Apple iPad dikepung oleh para kompetitornya yang memakai sistem operasi Android. Kendati demikian, hal itu tidak menggoyang posisi iPad sebagai tablet yang paling memuaskan bagi konsumen.

Menurut penelitian yang dilakukan J.D. Power terhadap konsumen di Amerika Serikat, iPad mendapat skor tertinggi sebesar 830. Tablet iPad paling memuaskan di segala faktor, kecuali pada faktor biaya.

Samsung menempati peringkat kedua tablet paling memuaskan dengan skor 822 dan mencapai nilai di atas rata-rata dalam fitur, styling, desain, dan faktor biaya.

Selain kedua merek tersebut, tablet yang dinilai konsumen paling memuaskan adalah milik Asus, Amazon, dan Acer.

J.D. Power Studi J.D. Power tentang kepuasan konsumen tablet di Amerika Serikat pada tahun 2014 (Volume 1)
Harga yang lebih rendah merupakan alasan utama sekitar 25 persen konsumen dalam memilih tablet. Keputusan konsumen dalam memilih tablet berdasarkan harga ini telah meningkat, dari 42 persen dalam waktu enam bulan lalu.

Meskipun harga jadi faktor penting, tetapi konsumen tetap mempertimbangkan reputasi merek. Sebesar 50 persen konsumen mengatakan bergantung pada reputasi merek. Selain itu, keputusan konsumen membeli merek sebuah tablet juga dipengaruhi oleh informasi yang disampaikan pada situs web produsen (47 persen) dan rekomendasi dari teman, keluarga, atau kolega (46 persen).

Studi kepuasan konsumen tablet di Amerika Serikat pada tahun 2014 ini melibatkan 2.513 pemilik tablet yang memakai perangkat tersebut kurang dari setahun. Penelitian ini dilakukan dari September 2013 hingga Februari 2014, yang mengukur lima faktor, yaitu kinerja, kemudahan mengoperasikan, fitur, gaya dan desain, serta biaya.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.