Kompas.com - 09/05/2014, 09:38 WIB
Paten Wearable Gadget Microsoft Patent BoltPaten Wearable Gadget Microsoft
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Microsoft ternyata juga tertarik untuk membuat wearable gadget. Hal tersebut terbukti dari paten yang baru saja didaftarkan perusahaan yang bermarkas di Redmond, AS itu pada minggu lalu.

Melihat gambar jam tangan pintar yang dipatenkan, nampaknya Microsoft juga tertarik dengan aplikasi kebugaran, sebab paten tersebut memiliki aplikasi-aplikasi yang berkaitan.

Paten yang didaftarkan Microsoft tersebut pertama kali diketahui oleh situs Patent Bolt. Microsoft menyebut perangkatnya itu dengan nama "Wearable Personal Information System."

Diberitakan Digital Trends, Selasa (6/5/2014), Microsoft mengklaim teknologi wearable miliknya bisa mengatasi dua kendala yang saat ini dimiliki perangkat smartwatch lainnya, yaitu bisa kotor akibat keringat dan tidak mampu memberikan feedback biometrik secara real-time saat berolahraga.

Paten Personal Information System yang didaftarkan Microsoft sendiri terlihat memiliki tiga fitur utama, yaitu Running, Heart, dan Fire. Masing-masing berguna untuk memantau aktivitas pengguna saat berlari (track GPS), mengukur denyut jantung, dan jumlah kalori yang dibakar.

Menurut Microsoft, keunggulan wearable gadget buatannya ini adalah kemampuan menyajikan informasi saat pengguna sedang beraktivitas.

Saat ini, untuk mendapatkan data biometrik setelah berolahraga, pengguna harus mengenakan sensor detak jantung eksternal, seperti chest straps.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Walau paten ini telah didaftarkan, belum tentu juga Microsoft akan memproduksi perangkatnya. Namun, kehadiran Microsoft di pasar wearable gadget tentunya akan membuat persaingan menjadi lebih menarik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.