Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Bukti Microsoft Bakal Bikin "Smartwatch"

Kompas.com - 09/05/2014, 09:38 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Microsoft ternyata juga tertarik untuk membuat wearable gadget. Hal tersebut terbukti dari paten yang baru saja didaftarkan perusahaan yang bermarkas di Redmond, AS itu pada minggu lalu.

Melihat gambar jam tangan pintar yang dipatenkan, nampaknya Microsoft juga tertarik dengan aplikasi kebugaran, sebab paten tersebut memiliki aplikasi-aplikasi yang berkaitan.

Paten yang didaftarkan Microsoft tersebut pertama kali diketahui oleh situs Patent Bolt. Microsoft menyebut perangkatnya itu dengan nama "Wearable Personal Information System."

Diberitakan Digital Trends, Selasa (6/5/2014), Microsoft mengklaim teknologi wearable miliknya bisa mengatasi dua kendala yang saat ini dimiliki perangkat smartwatch lainnya, yaitu bisa kotor akibat keringat dan tidak mampu memberikan feedback biometrik secara real-time saat berolahraga.

Paten Personal Information System yang didaftarkan Microsoft sendiri terlihat memiliki tiga fitur utama, yaitu Running, Heart, dan Fire. Masing-masing berguna untuk memantau aktivitas pengguna saat berlari (track GPS), mengukur denyut jantung, dan jumlah kalori yang dibakar.

Menurut Microsoft, keunggulan wearable gadget buatannya ini adalah kemampuan menyajikan informasi saat pengguna sedang beraktivitas.

Saat ini, untuk mendapatkan data biometrik setelah berolahraga, pengguna harus mengenakan sensor detak jantung eksternal, seperti chest straps.

Walau paten ini telah didaftarkan, belum tentu juga Microsoft akan memproduksi perangkatnya. Namun, kehadiran Microsoft di pasar wearable gadget tentunya akan membuat persaingan menjadi lebih menarik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com