Dilepas HTC, Beats Audio Ditawar Apple Rp 37 Triliun

Kompas.com - 09/05/2014, 11:32 WIB
Logo Beats Audio di punggung salah satu model smartphone HTC GizmodoLogo Beats Audio di punggung salah satu model smartphone HTC
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Logo Beats Audio di punggung salah satu model smartphone HTC

KOMPAS.com - Usai berpisah HTC dalam bentuk pelepasan saham pada September tahun lalu, muncul kabar bahwa Beats Audio akan "dipinang" oleh Apple.

Sebuah laporan Financial Times menyebutkan bahwa perusahaan audio yang dibentuk oleh legenda hip-hop Dr. Dre itu akan diakusisi Apple seharga 3,2 miliar dollar AS atau hampir Rp 37 triliun.

Kedua belah pihak kabarnya masih dalam proses negosiasi yang dijadwalkan selesai pada minggu depan. Baik Apple maupun Beats Audio menolak berkomentar..

Apabila nantinya benar terjadi, maka pembelian Beats  akan menjadi akuisisi dengan nilai terbesar bagi Apple yang belum pernah merogoh kocek lebih dari 1 miliar dollar AS untuk membeli perusahaan lain.

Sejumlah pihak bertanya-tanya mengenai alasan Apple di balik akusisi tersebut. Forbes berspekulasi bahwa Apple mengincar layanan streaming Beats Music dan talenta di Beats untuk memperkuat bisnisnya sendiri.

Kabar rencana akuisisi Beats Audio oleh Apple terdengar agak ironis karena dua pendiri Beats, Dr. Dre dan Jimmy Iovine, membentuk perusahaan itu karena kecewa dengan penurunan kualitas audio (MP3) yang didorong oleh iPod bikinan Apple.

Saham Beats Audio sempat dibeli sebanyak 50,1 persen oleh HTC pada 2011 senilai 300 juta dollar AS. Kedua perusahaan lalu berkolaborasi menerapkan produk audio pada sejumlah model smartphone HTC.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, kerjasama tersebut gagal membuahkan nilai tambah berarti hingga pada September 2013 lalu HTC menjual kembali seluruh saham Beats yang dimilikinya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.