Kompas.com - 09/05/2014, 15:13 WIB
|
EditorAditya Panji

KOMPAS.com - Produsen ponsel ZTE asal Tiongkok, pada Kamis (8/5/2014) lalu mengumumkan mulai menjual ponsel pintar dengan sistem operasi Firefox OS. Penjualannya dilakukan melalui situs jual beli eBay dan terbatas bagi konsumen di Amerika Serikat saja.

ZTE Open C, ponsel pintar Firefox OS buatan ZTE itu saat ini sudah bisa dipesan melalui situs eBay dengan harga 99,99 dollar AS (atau sekitar Rp 1 jutaan). Sayangnya, di halaman eBay tersebut, ZTE mencantumkan Indonesia sebagai negara pengecualian pengiriman produknya.

Dari sisi spesifikasi, ZTE Open C mengusung desain layar 4 inci dengan prosesor Qualcomm Snapdragon dual-core 1,3 GHz. ZTE mengklaim ponsel ini menjalankan Firefox OS paling baru dengan fitur-fitur seperti akses pemutra musik langsung dari lock screen dan berbagi file dengan lebih dari satu perangkat melalui koneksi Bluetooth.

Dikutip dari Recode, penjualan ponsel Firefox OS ini menjadi stratgei ZTE untuk menjual perangkat yang lebih murah lagi di masa depan.

ZTE sendiri telah merilis ponsel Firefox OS pertamanya, ZTE Open pada Juli 2013 lalu, bersamaan dengan vendor Alcatel dengan seri One Touch Fire. Namun, kedua ponsel pintar tersebut baru dijual di beberapa negara saja, salah satunya adalah Spanyol.

Setelah itu, Mozilla sebagai pengembang Firefox OS dengan sejumlah mitra pembuat ponsel, akan memasarkan produknya ke Amerika Latin, Eropa Tengah, Eropa Timur, dan secepatnya akan masuk Asia.

Selain ZTE dan Alcatel, Huawei dan LG telah berkomitmen mendukung Firefox OS. Raksasa teknologi asal Jepang, Sony, juga membuat ponsel Firefox OS pada awal 2014.

Untuk aplikasi, Firefox Marketplace (toko aplikasi Firefox OS) telah memiliki sejumlah aplikasi populer, seperti Pinterest, Line, YouTube, Facebook, dan Twitter.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Recode
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.