Berapa Kecepatan Internet 5G di Jepang?

Kompas.com - 09/05/2014, 17:46 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com -- Pada saat sebagian wilayah dunia masih belum menikmati kecepatan koneksi 4G LTE, operator seluler Jepang NTT Docomo mengumumkan akan segera memulai uji coba jaringan mobile 5G.

Sebagaimana dikutip oleh ZDNet, uji coba yang pertama kali akan diadakan di pusat riset Docomo di Yokosuka pada tahun ini tersebut melibatkan enam vendor telekomunikasi internasional, yaitu Alcatel-Lucent, Ericsson, Fujitsu, NEC, Nokia, dan Samsung.

Kecepatan koneksi 5G itu diharapkan bisa mencapai 10 Gbps (gigabit per detik) atau sekitar 1.000 kali lebih tinggi dibandingkan kecepatan jaringan LTE yang berkisar di angka 100 Mbps hingga 150 Mbps.

Jaringan 5G di Jepang ini dijadwalkan bakal mulai digelar untuk keperluan komersial dalam waktu beberapa tahun ke depan, tepatnya pada tahun 2020.

NTT Docomo
Pembagian ujicoba internet 5G Jepang, kolaborasi NTT Docomo dengan 6 vendor telekomunikasi

Docomo akan menjalankan eksperimen tersebut dengan setiap vendor secara paralel, dibagi menjadi beberapa bagian. Nokia menangani uji coba teknologi milimeter wave dan beam forming di spektrum frekuensi 70 GHz.

Samsung, yang sebelumnya telah menggelar uji coba 5G 1 Gbps di Korea Selatan, bakal menangani eksperimen teknologi di spektrum 28 GHz. Sementara Ericsson melakukan uji coba outdoor di frekuensi 15 GHz dengan teknologi antena baru.

NEC dan Fujitsu bergabung dalam uji coba di frekuensi antara 3-6 GHz. Adapun Alcatel-Lucent bakal menggunakan spektrum frekuensi yang selama ini sudah ada, di bawah 3 GHz untuk teknologi mobile broadband and Machine-to-Machine.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain Jepang, perusahaan SK Telecom dari Korea Selatan awal tahun ini juga telah mengumumkan bakal berinvestasi sebesar 1,5 miliar dollar AS untuk penerapan jaringan 5G pada 2020.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber ZDNet
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.