Apple Patenkan "Kamera Super" untuk iPhone

Kompas.com - 10/05/2014, 10:20 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Selagi produsen lain berlomba menjejali sensor kamera pada smartphone masing-masing dengan "megapixel" yang lebih tinggi, Apple tetap bertahan dengan resolusi 8 megapixel sejak iPhone 4S yang dirilis 2011 lalu.

Namun, iPhone di masa depan boleh jadi akan bisa menangkap gambar resolusi tinggi tanpa memerlukan sensor kamera dengan "megapixel besar".

Kemungkinan itulah yang diperlihatkan lewat sebuah paten teknologi yang dipublikasikan oleh Apple hari Kamis (8/4/2014) kemarin. Dokumen paten yang dilansir Cult of Mac tersebut mendeskripsikan kamera dengan mode "super-resolution".

Cult of Mac
Diagram teknologi kamera super-resolution dalam paten Apple

Mode ini bekerja dengan cara mengambil banyak gambar sekaligus dalam waktu yang sangat singkat. Masing-masing gambar tersebut diambil dengan sudut yang sedikit berbeda, memanfaatkan fasilitas optical image stabilization (OIS).

Gambar-gambar tersebut lantas digabungkan menjadi hasil akhir yang memiliki resolusi lebih tinggi dibandingkan resolusi asli sensor kamera yang digunakan.

Sebuah prosesor sentral -seperti Apple A7 pada iPhone 5S- mengendalikan keseluruhan mekanisme pengambilan gambar, bersama sensor posisi dan aktuator untuk menggerakkan OIS.

Tentu, seperti halnya teknologi lain yang dipatenkan, belum tentu kamera "super resolution" tersebut akan benar-benar terwujud dalam bentuk produk jadi. Paten itu sendiri diajukan pada November 2012 atas nama Engineering Manager Richard L. Baer dan Camera Software Engineer Damien J Thivent.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.