Kompas.com - 11/05/2014, 12:51 WIB
Penulis Aditya Panji
|
EditorAditya Panji
KOMPAS.com - Apple telah merekrut Ari Partinen, seorang yang namanya tertulis sebagai salah satu pencipta teknologi kamera PureView di ponsel Nokia. Ia mulai bekerja di kantor pusat Apple di Cupertino, California, AS, pada Juni mendatang.

Partinen sejak 2007 bekerja di Nokia. Ia mengembangkan teknologi digital imaging PureView bersama rekan satu timnya antara lain Juha Alakarhu, Tero Vuori, dan Eero Salmelin. Mereka semua sekarang bekerja untuk Micrrosoft, setelah perusahaan resmi mengakuisisi unit bisnis ponsel Nokia senilai 7,2 miliar dollar AS pada April 2014.

Seperti dikutip dari The Verge, Partinen belum mengungkapkan apa yang akan ia lakukan di Apple. Namun, pada akun jejaring sosial LinkedIn, Partinen menulis "bekerja untuk tim digital imaging perangkat mobile, mulai dari produksi modul kamera hingga menyelaraskan kualitas gambar."

Beberapa ponsel Nokia yang menggunakan teknologi PureView antara lain Nokia 808 dan Lumia 920. Produk terkini yang memakai PureView adalah Lumia 1020 dengan sensor 41 megapixel.

PureView menggunakan teknologi oversampling pixel, sebuah metode pengelompokan pixel-pixel kecil yang digabungkan untuk membentuk superpixel tunggal. Nokia mengklaim teknologi ini mampu menangkap gambar yang jauh lebih bersih walau berada di ruangan bercahaya rendah.

Ukuran file foto dari kamera berteknologi PureView tidaklah besar. Pihak Nokia menyatakan, teknologi PureView membuat ukuran file foto setara dengan 5MP. Jadi, tidak perlu khawatir foto-foto tersebut membuat penuh media penyimpanan.

Teknologi macam ini akan berguna bagi Apple untuk meningkatkan kualitas peranti keras dan peranti lunak kamera di iPhone, iPod Touch, maupun iPad.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber The Verge


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.