Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Bajak Karyawan Fotografi Nokia PureView

Kompas.com - 11/05/2014, 12:51 WIB
Aditya Panji

Penulis

Sumber The Verge
KOMPAS.com - Apple telah merekrut Ari Partinen, seorang yang namanya tertulis sebagai salah satu pencipta teknologi kamera PureView di ponsel Nokia. Ia mulai bekerja di kantor pusat Apple di Cupertino, California, AS, pada Juni mendatang.

Partinen sejak 2007 bekerja di Nokia. Ia mengembangkan teknologi digital imaging PureView bersama rekan satu timnya antara lain Juha Alakarhu, Tero Vuori, dan Eero Salmelin. Mereka semua sekarang bekerja untuk Micrrosoft, setelah perusahaan resmi mengakuisisi unit bisnis ponsel Nokia senilai 7,2 miliar dollar AS pada April 2014.

Seperti dikutip dari The Verge, Partinen belum mengungkapkan apa yang akan ia lakukan di Apple. Namun, pada akun jejaring sosial LinkedIn, Partinen menulis "bekerja untuk tim digital imaging perangkat mobile, mulai dari produksi modul kamera hingga menyelaraskan kualitas gambar."

Beberapa ponsel Nokia yang menggunakan teknologi PureView antara lain Nokia 808 dan Lumia 920. Produk terkini yang memakai PureView adalah Lumia 1020 dengan sensor 41 megapixel.

PureView menggunakan teknologi oversampling pixel, sebuah metode pengelompokan pixel-pixel kecil yang digabungkan untuk membentuk superpixel tunggal. Nokia mengklaim teknologi ini mampu menangkap gambar yang jauh lebih bersih walau berada di ruangan bercahaya rendah.

Ukuran file foto dari kamera berteknologi PureView tidaklah besar. Pihak Nokia menyatakan, teknologi PureView membuat ukuran file foto setara dengan 5MP. Jadi, tidak perlu khawatir foto-foto tersebut membuat penuh media penyimpanan.

Teknologi macam ini akan berguna bagi Apple untuk meningkatkan kualitas peranti keras dan peranti lunak kamera di iPhone, iPod Touch, maupun iPad.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com