Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Pertimbangan Utama Memilih Smartphone?

Kompas.com - 13/05/2014, 15:36 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber BGR
Ilustrasi smartphone

KOMPAS.com -- Berbeda dengan dulu ketika feature phone yang sederhana masih populer, saat ini calon pembeli smartphone mesti mempertimbangkan banyak aspek, mulai dari hardware, platform, hingga pilihan aplikasi yang tersedia. Namun, faktor apa yang paling menentukan?

Mungkin banyak yang mengira bahwa sistem operasi menjadi bahan pertimbangan utama bagi calon pembeli smartphone.

Namun, menurut hasil survei lembaga riset IDC yang dikutip oleh BGR, ternyata bukan jenis sistem operasi yang menjadi petentu nomor satu di mata konsumen, melainkan kapasitas atau daya tahan baterai.

Survei IDC ini melibatkan 50.000 responden online dari kalangan pengguna perangkat Android, iOS, dan Windows Phone yang tersebar di 25 negara.

Persentase pengguna Android yang melihat baterai sebagai faktor penentu keputusan membeli smartphone mencapai 56 persen, sementara angkanya untuk pengguna iOS dan Windows Phone masing-masing berada pada kisaran 49 persen dan 53 persen.

Faktor penentu kedua yang paling memengaruhi keputusan membeli smartphone, masih menurut survei IDC ini, adalah kemudahan penggunaan. Setelah itu barulah jenis sistem operasi masuk di urutan ketiga.

Aspek lain yang juga layak disebut adalah ukuran layar, yang berada di urutan kelima. Sementara faktor brand atau merek pilihan berada di posisi keenam.

Resolusi kamera ternyata boleh dikatakan tak terlalu menarik minat pembeli dan menempati urutan kedua terbawah dari 10 faktor penentu keputusan membeli smartphone, masih menurut survei tersebut.

Tercatat hanya 25 persen pengguna Android, 19 persen pengguna iOS, dan 23 persen pengguna Windows Phone yang mempertimbangkan resolusi kamera smartphone. Penjabaran hasil survei IDC selengkapnya bisa dilihat dalam tabel di bawah.

Francisco Jeronimo/ IDC Tabel hasil survei lembaga riset IDC mengenai faktor-faktor penentu keputusan membeli smartphone

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BGR
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com