Kompas.com - 14/05/2014, 16:37 WIB
Microsoft ReutersMicrosoft
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Microsoft telah menghentikan dukungannya terhadap sistem operasi Windows XP. Perusahaan tersebut juga tak henti-hentinya meminta pengguna untuk beralih ke OS terbaru karena versi lama lebih berisiko terkena virus atau program jahat.

Seolah ingin meyakinkan pengguna sistem operasinya, Mirosoft telah melakukan survei tentang OS mana yang rawan terhadap program jahat

Dalam laporan Security Intelligence Report terbarunya, Microsoft menjumpai sistem operasi Windows Vista yang dirilis tahun 2007 masih menjadi OS yang paling rawan terhadap serangan virus atau program jahat. Peringkat (rating) infeksinya mencapai 3,24 persen.

Sementara itu, Windows 7 dan Windows XP berada di urutan kedua dan ketiga. Masing-masing memiliki rating infeksi 2,59 persen dan 2,42 persen. Menurut Microsoft, serangan terhadap OS WIndows XP juga mulai menurun.

Dalam laporan tersebut, Microsoft mengklaim bahwa sistem operasi Windows 8.1 menjadi OS yang paling aman dari semuanya. Rating infeksinya menjadi yang terendah, yaitu 0,08 persen.

Windows 8 sendiri disebut Microsoft masih cukup aman dibanding Windows 7 dan Windows XP. Rating-nya hanya 1,73 persen.

Namun dikutip dari Digital Trends (12/5/2014), logikanya, program jahat dan virus selalu menyasar sistem operasi yang populer. Itulah alasan mengapa Windows 7 dan Windows XP memiliki rating yang tinggi, karena saat ini dipakai lebih banyak orang dibandingkan Windows 8 dan 8.1 yang usianya relatif lebih muda.

Dari semua versi Windows, jumlah pengguna Windows 7 sendiri menurut survei Marketshare hingga Maret 2014 meningkat dari 48,77 persen menjadi 49,27 persen.

Sementara jumlah pengguna Windows XP dari bulan Maret ke April 2014 turun satu poin menjadi 26,29 persen. Windows 8 dan 8.1 keduanya jika digabungkan memiliki jumlah pengguna 12 persen dari total sistem operasi Windows yang digunakan saat ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.