Xiaomi Perkenalkan "Kembaran" iPad Mini

Kompas.com - 17/05/2014, 18:58 WIB
Tablet Xiaomi Mi Pad The VergeTablet Xiaomi Mi Pad
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Pasaran perangkat Android bertambah ramai dengan kehadiran Xiaomi Mi Pad. Perangkat tablet pertama dari produsen asal Tiongkok itu diperkenalkan pada Kamis (15/5/2014) kemarin di Beijing.

Sejumlah perwakilan media asing yang melansir berita kemunculan Xiaomi Mi Pad menilai bahwa penampilan fisik perangkat tersebut bak kembaran alias sangat mirip dengan tablet iPad Mini besutan Apple.

Terlebih, sebagaimana dilaporkan oleh The Verge, Xiaomi Mi Pad juga mengusung rasio layar yang sebanding dengan iPad, yakni 4:3, berbeda dari tablet Android lain yang umumnya mengadopsi aspect ratio 16:9 atau 16:10 sehingga terlihat lebih "tinggi".

Setali tiga uang soal ukuran bentang layar Xiaomi Mi Pad yang sebesar 7,9 inci. Demikian pula dengan resolusi yang sebanding dengan iPad Mini Retina Display (2048x1536).

Ada pula custom interface Android 4.4.2 yang dimodifikasi dan sekilas terlihat mirip tampilan flat ala sistem operasi iOS 7.

Namun, paling tidak harganya terpaut lumayan jauh dari iPad mini. Xiaomi Mi Pad dibanderol seharga 240 dollar AS untuk versi dengan memori internal 16GB. Model lain dengan memori internal 32 GB tersedia dengan harga 275 dollar AS. Harga iPad Mini Retina Display termurah dipatok di angka 399 dollar AS.

Bagian punggung Xiaomi Mi Pad dilapis plastik warna-warni, mirip dengan sisi belakang iPhone 5C, juga besutan Apple.

Xiaomi Mi Pad sekaligus menjadi perangkat pertama yang mengusung prosesor quad-core Tegra K1 dari Nvidia. Chip ini pertama kali diperkenalkan pada ajang CES 2014 Januari lalu.

Spesifikasi lain mencakup RAM 2 GB, slot micro-SD hingga 128 GB, baterai 6.700 mAh, kamera belakang 8 megapixel, serta kamera depan 5 megapixel.

Produk yang mirip perangkat Apple sebenarnya sudah banyak beredar di Tiongkok. Namun, Mi Pad mendapat sorotan karena pembuatnya adalah salah satu produsen smartphone yang sedang mengalami pertumbuhan pesat.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber The Verge
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X