Terpidana Paedofil Minta Google Hapus Data

Kompas.com - 18/05/2014, 17:13 WIB
EditorOik Yusuf
Ilustrasi

KOMPAS.com - Google mendapatkan permohonan dari mantan politikus dan juga terpidana paedofil untuk menghapus data yang "tidak relevan dan usang" di mesin pencari internet.

Permintaan itu diajukan setelah Mahkamah Eropa menetapkan seseorang berhak meminta Google untuk menghapus informasi tertentu.

Seorang mantan politikus yang ingin terjun daam pemilihan telah meminta tautan terkait artikel yang mengangkat tindakannya di kantor dicabut, menurut wartawan teknologi BBC, Jane Wakefield.

Sementara seorang pria yang dihukum karena memiliki gambar anak-anak juga meminta agar tautan terkait vonis terhadapnya dihapus, kata Wakefield.

Permintaan lain datang dari seorang dokter yang ingin menghilangkan laporan tentang kajian dari pasien-pasiennya.

Google sendiri belum berkomentar terkait apa yang disebut hak untuk dilupakan itu dan tidak mengeluarkan data berapa banyak permintaan menghapus data itu sejak peraturan keluar Selasa (13/05/2014) lalu.

Perusahaan mesin pencari itu menggambarkan keputusan Mahkamah Eropa sebagai satu hal yang "mengecewakan."

Keputusan itu mengejutkan banyak kalangan karena bertentangan dengan seruan Uni Eropa yang menyebutkan perusahaan mesin pencari itu tidak harus memenuhi permintaan dari pengguna.

Komisaris Uni Eropa Viviane Reding menggambarkan keputusan itu sebagai "kemenangan jelas bagi perlindungan data pribadi warga Eropa," namun pihak lain khawatir atas konsekuensinya terhadap kebebasan berbicara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.