Ini Dia, Printer Laser Pertama dengan Teknologi NFC

Kompas.com - 19/05/2014, 09:30 WIB
Printer Samsung dengan fitur NFC, printer laser warna C410W (tengah), printer laser warna C460W yang bisa juga dijadikan mesin fotokopi dan scanner (kiri), dan printer laser warna C460FW yang juga berfungsi sebagai mesin fotokopi, scanner, dan mesin faks (kanan). SamsungPrinter Samsung dengan fitur NFC, printer laser warna C410W (tengah), printer laser warna C460W yang bisa juga dijadikan mesin fotokopi dan scanner (kiri), dan printer laser warna C460FW yang juga berfungsi sebagai mesin fotokopi, scanner, dan mesin faks (kanan).
Penulis Reza Wahyudi
|
EditorWicak Hidayat
SEOUL, KOMPAS.com - Teknologi Near Field Communication ( NFC) biasa ditemui di ponsel pintar untuk bertukar data secara nirkabel dalam jarak dekat. Kini, teknologi tersebut bisa ditemui di perangkat pencetakan dokumen, printer berbasis laser.

Printer laser pertama dengan fitur NFC tersebut diperkenalkan secara resmi oleh Samsung pada Senin, (19/4/2014). Tak tanggung-tanggung, Samsung langsung memperkenalkan tiga model printer NFC dari seri Xpress C4XX.

Tiga printer tersebut adalah printer laser warna C410W, printer laser warna C460W yang bisa juga dijadikan mesin fotokopi dan scanner, dan printer laser warna C460FW yang juga berfungsi sebagai mesin fotokopi, scanner, dan mesin faks.

"Jumlah pencetakan dari perangkat mobile (mobile printing) terus meningkat. Printer laser NFC Samsung yang merupakan pertama di dunia ini ditujukan memenuhi kebutuhan pengguna yang ingin mencetak foto dan dokumen langsung dari ponselnya, " kata Senior Wakil Presiden Strategi Pemasaran dan Penjualan Samsung, David SW Song, kepada sejumlah wartawan di Suwon, Korea Selatan.

Teknologi NFC yang dibenamkan di printer Xpress C4XX ini diklaim membuat pencetakan dapat dilakukan dengan mudah, hanya dengan mendekatkan ponsel ke sensor NFC printer. Semua jenis format, seperti foto, dokumen, e-mail, PDF, dan konten web dapat dicetak di tiga model printer Samsung tersebut.

Untuk mencetak langsung dari ponsel, pengguna harus menggunakan ponsel yang memiliki fitur NFC dan mengunduh aplikasi Samsung Mobile Print dari Play Store dan Samsung Store.

Yang menarik, aplikasi tersebut juga tersedia juga di App Store dan Windows Store untuk pengguna smartphone berbasis Apple iOS dan Windows Phone. Pengguna perangkat dua platform ini dapat mencetak dari ponselnya dengan memanfaatkan fitur WiFi/WiFi Direct yang terdapat di ketiga printer Xpress ini.

Samsung
Samsung NFC Print.
Selain itu, untuk pengguna yang tidak memiliki ponsel ber-NFC juga dapat menggunakan printer Samsung Xpress C4XX dengan menggunakan Google Cloud Print. Dengan layanan cloud Google tersebut, pengguna tetap dapat mencetak dokumen melalui internet melalui kabel jaringan yang ada di printer C410W, C460W, dan C460FW.

Dirancang untuk pengguna rumah atau UKM, ketiganya printer NFC Samsung mampu mencetak halaman hitam-putih hingga 18 halaman per menit atau empat halaman per menit untuk halaman berwarna.

Ketiga printer ini akan pertama kali akan dijual di pasaran Korea mulai bulan Juni mendatang. Menyusul ke beberapa negara lain, termasuk Indonesia.

Manajemen pencetakan tanpa server

Selain printer baru, Samsung juga memperkenalkan piranti lunak manajemen pencetakan tanpa server (serverless printing) yang disebut Business Core Printing Solutions. Aplikasi ini langsung ter-install pada printer Samsung, dan karena tidak memerlukan perangkat server maka dapat mengurangi biaya operasional TI.

Manajemen printer biasanya diperlukan oleh perusahaan untuk pengaturan dan pengawasan dokumen yang akan dan telah dicetak.

Layanan Business Core Printing Solutions dari Samsung ini dapat mengatur manajemen dokumen di printer multifungsi dan mesin fotokopi  A3 besutan Samsung. Dengan adanya layanan, setiap pemakaian perangkat dan kertas dapat diawasi dengan mudah dari jarak jauh dan cukup dari satu konsol.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X