Google Beli Aplikasi Penerjemah "Augmented Reality"

Kompas.com - 19/05/2014, 10:17 WIB
PPotongan video demonstrasi kemampuan World Lens dari Quest Visual Quest VisualPPotongan video demonstrasi kemampuan World Lens dari Quest Visual
Penulis Oik Yusuf
|
EditorAditya Panji
Potongan video demonstrasi kemampuan World Lens dari Quest Visual

KOMPAS.com - Google telah mengakuisisi Quest Visual, perusahaan di balik aplikasi penerjemah mobile World Lens.

Dikutip dari PC Magazine, besarnya nilai pembelian tidak diungkapkan, namun Quest Visual menyatakan bahwa teknologinya "akan digabungkan dengan layanan penerjemah bahasa Google Translate yang memiliki kapabilitas penerjemahan dan dukungan bahasa yang luas".

Aplikasi World Lens besutan Quest Visual memungkinkan pengguna perangkat Android atau iOS mengarahkan kamera ponsel mereka ke serangkaian kata-kata dalam bahasa asing yang tidak dimengerti -misalnya pada penunjuk jalan- lalu menerjemahkannya secara real time.

World Lens yang memanfaatkan teknologi "Augmented Reality" mampu bekerja secara offline tanpa butuh koneksi internet. Aplikasi ini bisa menerjemahkan dari bahasa Inggris ke bahasa kedua dan sebaliknya.

Ada beberapa  pilihan bahasa kedua yang disediakan dalam paket terpisah, termasuk bahasa Rusia, Perancis, Spanyol, Italia, dan Jerman.

Aplikasi ini juga bisa dipakai dengan Google Glass sehingga turut menimbulkan dugaan bahwa Google akan menambahkan kemampuan penerjemahan secara real time pada kacamata pintar itu.

Setelah pengumuman akuisisi Google, Quest Visual mengatakan bahwa aplikasi World Lens berikut paket-paket bahasa pendampingnya kini bisa diperoleh secara cuma-cuma di toko aplikasi masing-masing platform. Sebelumnya, Quest Visual menarik bayaran setiap kali pengguna mengunduh aplikasi World Lens.

Seperti apa aplikasi World Lens yang baru dibeli oleh Google ini? Simak kemampuannya dalam video di bawah.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X